WartaSolo.com – Selain Susi Pudjiastuti terdapat satu lagi perempuan fenomenal yang diangkat menjadi menteri dalam susunan kabinet Jokowi. Dia adalah Yohana Susana Yembise yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan masuk dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Yohanan diperkenalkan oleh Presiden Jokowi sebagai menteri pemberdayaan perempuan dan pemberdayaan anak. Dia adalah guru besar pertama dan profesor dari Papua. Yohana adalah putri Papua kelahiran Manokwari, 1 Oktober 1958. Tahun 1985, dirinya melanjutkan pendidikan Sarjana Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Cenderawasih.


Yohana Yambise merupakan dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cenderawasih Jayapura, Papua. Dia adalah perempuan pertama Papua yang diberi gelar guru besar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai profesor doktor bidang desain silabus dan material development.

Seperti cerita sejumlan tokoh yang dipanggil ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Jokowi, Yohana Yambise juga mengaku ditelepon agar datang ke Istana, tanpa diberitahu akan ditunjuk menjadi menteri.

“Iya ini pertama dari Papua, dari Indonesia Timur. Tak menyangka bisa jadi (menteri),” ungkap Yohana Yembise dari dalam mobilnya ketika akan meninggalkan istana, Minggu (26/10/2014).