WartaSolo.com – Susi Pudjiastuti seorang perempuan yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan baru-baru ini menjadi bahan pembicaraan di media sosial. Bagaimana tidak, wanita yang juga merupakan bos Susi Air itu berperilaku apa adanya dan tidak menutupi kebiasaannya.

Seusai acara pelantikan, entah tak terbiasa mengenakan ‘kostum’ pejabat atau kenapa Susi Pudjiastuti nampak tak kuasa menahan diri untuk melepaskan sepatu yang dikenakan. Susi tiba-tiba membuka sepatunya yang berhak tinggi setelah memberi pandangan dan penjelasan tentang pos kementriannya.


Yang lebih menariknya lagi, tanpa malu-malu atau berupaya menutupi kebiasaannya, Susi Pudjiastuti yang berkelahiran Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, 15 Januari 1965, itu langsung mengeluarkan sebungkus rokok, menyalakan korek dan menghisapnya. Sangat santai tanpa memedulikan kehadiran para jurnalis yang mewawancarainya.


“Stop dong, biar aku selesaikan rokok ini” ucap Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang bergerak di bidang ekspor hasil-hasil perikanan dan maskapai Penerbangan Susi Air itu bahkan saat para jurnalis kembali mengajukan pertanyaan.

Seperti diketahui Susi Pudjiastuti dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, menguati Kabinet Kerja 2014-2019 yang diumumkan Presiden Jokowi di Taman Tengah Istana Kepresidenan, Minggu (26/10/14) petang.

Presiden Jokowi saat memperkenalkan menyebut bahwa Susi pantas menduduki kementrian Kelautan dan Perikanan karena membuktikan diri sebagai pengusana sukses. Memulai usaha dari jual ikan hingga akhirnya berhasil di bisnis jasa perhubungan yang terintegrasi dengan kemaritiman.