WartaSolo.com – Kabinet Kerja Jokowi-JK: para menteri disuruh lari kehadapan wartawan pada saat nama-nama mereka dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Satu persatu nama mereka dipanggil. Namun ada kejadian yang unik dala acara ini, yakni oleh Presiden Jokowi para menteri tersebut disuruh untuk berlari ketika mereka diperkenalkan kepada publik.

“Lari Pak,” teriak Presiden Jokowi di Istana Presiden, sebagaimana dikutip dari situs JPNN, Minggu (26/10/2014). Permintaan untuk segera berlari tersebut diucapkan Presiden Jokowi ketika nama Indroyono Soesilo disebut. Yakni, sosok yang dipercaya menjabat sebagai menteri koordinator Kemaritiman.



Tetapi perintah untuk lari tersebut tak diberlakukan kepada semua calon menteri dalam Kabinet Kerja. Misalnya, wanita yang dipercaya untuk menjabat sebagai menteri Kelautan dan Perikanan yakni Susi Pudjiastuti malah dicegah agar tidak berlari.

“Nggak usah berlari bu,” ucap Jokowi.

Disamping Jokowi memperkenalkan nama-nama menterinya, dia juga menjelaskan tentang keahlian serta latar belakang orang-orang yang terpilih tersebut.

Seperti diberitakan bahwa Presiden Jokowi dan Wakilnya Jusuf Kalla memulai mengumumkan nama-nama menteri yang masuk dalam Kabinetnya tepatnya pada hari Minggu (26/10/2014) pukul 5 sore. Kabinet yang diberi nama Kabinet Kerja itu nantinya akan membantu pasangan Presiden-Wapres dalam menjalankan pemerintahannya. Kabinet Kerja tersebut diumumkan kepada masyarakat oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.