WartaSolo.com – Kabinet Kerja Jokowi-JK disusun lebih cepat dari waktu yang ditetapkan Undang-undang. Sedangkan batas waktu pengumuman kabinet tersebut adalah terhitung 14 hari setelah pasangan Presiden dan Wakil Presiden selesai dilantik oleh Ketua MPR. Sebagaimana diberitakan bahwa pasangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014.

Presiden RI ketujuh Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla mempublikasikan susunan menteri-menteri dalam kabinetnya yang diberi nama “Kabinet Kerja”. Jokowi-JK menyampaikannya ketika menggelar jumpa pers dengan awak media cetak maupun elektronik di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, sebagaimana lansiran laman JPNN, Minggu (26/10/2014).



“Alhamdulilah, petang ini kabinet baru telah selesai disusun. Kita kasih nama yakni Kabinet Kerja,” ucap Presiden Jokowi yang berdampingan dengan Wapres Jusuf Kalla.

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla telah selesai mengumumkan susunan kabinetnya lebih cepat dari ketentuan waktu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh undang-undang. Walaupun diumumkan lebih cepat, lanjut Presiden Jokowi, namun itu semua dikerjakan dengan sangat hati-hati dan dengan teliti tujuannya agar dapat tercipta sebuah pemerintahan dengan kabinet yang bersih.

Presiden Jokowi merasa sangat optimis bahwa dari hasil kabinetnya sangatlah terpercaya sebab sebelumnya telah melalui evaluasi dari pihak KPK dan PPATK. “Nama-nama menteri pada Kabinet Kerja ini telah kita umumkan pada hari yang ke 6 sesudah saya dan Pak JK usai dilantik. Pengumuman Kabinet Kerja ini lebih cepat 8 hari terhitung dari batas maksimal yang ditetapkan dalam UU Kementerian Negara,” imbuhnya.

Presiden Jokowi menyatakan bahwa figur-figur yang telah dipilihnya telah dikenal dengan jiwa kepemimpinannya serta kemampuan manajerialnya, sehingga sudah dapat dipastikan mampu untuk memimpin kementerian.