WartaSolo.com – Kabinet Jokowi – JK: akhirnya dipilih nama Kabinet Kerja. Nama tersebut ditetapkan oleh pasangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) setelah selama satu minggu berdiskusi untuk menetapkan calon menteri dan wakil menteri serta kepala lembaga negara.

Presiden RI ketujuh Jokowi dan Wakilnya JK telah mempublikasikan kabinetnya kepada publik. Pengumuman tentang susunan kabinet tersebut dilakukan di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta pada pukul 5 sore sebagaimana dilansir pada situs JPNN, pada hari Minggu (26/10/2014).


Keseluruhan menteri dari Kabinet Kerja tersebut diperkenalkan langsung oleh Presiden Jokowi sendiri dengan cara memanggil namanya satu persatu kemudian mereka maju dihadap publik dan disambut jepretan kamera awak media cetak maupun elektronik. Sesaat sebelumnya para menteri itu menunggu di dalam ruang resepsi di Istana Merdeka. Kemudian para menteri itu diatur dengan membentuk barisan yang panjang kemudian satu persatu maju kehadapan awak media ketika nama-nama mereka dipanggil oleh Presiden Jokowi.

“Kita berharap bisa mendapatkan figur-figur yang terpilih dan bersih. Makanya kita adakan konsultasi dengan KPK dan PPATK supaya lebih akurat dan tepat. Kita semua pasti menaruh kepercayaan kepada PPATK dan KPK,” ucap Presiden.

Pada saat jumpa pers itu, Presiden Jokowi didampingi oleh hadirnya Ibu Negara Iriana yang datang dengan mengenakan kebaya berwarna putih serta bawahan batik berwarna cerah. Sedangkan Wapres JK sendiri juga datang didampingi sang istri yang mengenakan gamis serba putih.