WartaSolo.com – Kabinet Jokowi-JK Akhirnya diumumkan meskipun mundur satu jam. Pengumuman yang sedianya diumumkan tepat pukul 4 sore tersebut telah dinantikan oleh awak media cetak dan elektronik. Namun, ketika waktu tersebut telah tiba ternyata Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum juga mempublikasikan siapa saja nama-nama calon menteri untuk kabinetnya.

Dari pantauan wartawan ternyata agenda tersebut masih harus diundur satu jam lagi. Sehingga awak media harus menunggu satu jam lagi yakni pada pukul 5 sore. Kabar tersebut didapat dari informasi dari seorang petugas Paspampres melalui siaran radio Handy Talkienya di halaman Istana Merdeka beberapa saat sebelumnya.


Padahal, ketika waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore, sebenarnya Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK) sudah menuju keluar dari Istana Merdeka. Kontan saja ratusan wartawan yang telah lama menunggu seketika langsung bangkit dan berharap kabinetnya segera diumumkan.

Tetapi kenyataannya,Presiden Jokowi dan Wapres JK tidak menuju ke arah lokasi pengumuman kabinet yang letaknya di halaman belakang Istana Merdeka tepatnya dibawah pohon trembesi. Melainkan berjalan kearah lain yakni menuju Wisma Negara. Wartawan tak mendapat keterangan resmi mengenai tujuan mereka akan ke mana, sebagaimana lansiran laman JPNN, Minggu (26/10/2014).

Seluruh calon menteri yang telah terpilih sebagai anggota kabinet dan telah dipanggil ke Istana Merdeka tetap menunggu di dalam ruang resepsi. Tak ada satupun yang mengikuti langkah Jokowi dan JK.

Mulanya, pada pukul 4 sore pengumuman kabinet akan dilaksanakan. Dilokasi pengumuman pun juga telah di persiapan dengan lengkap. Namun, akhirnya mundur hingga pukul 5 sore.