WartaSolo.com – Gibran Rakabuming Raka merupakan anak tertua Presiden Jokowi yang berusia 27 tahun. Sosok Gibran akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan karena kurang bisa menjaga sikap saat di depan media. Seperti apa sebenarnya sosok Gibran Rakabuming Raka?

Gibran Rakabuming Raka lahir pada tanggal 1 Oktober 1987 dari pasangan Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana. Masa kecil Gibran dihabiskan di Solo dan sejak SMP dia tinggal di Singapura, menempuh sekolah setingkat SMA di Orchid Park Secondary School, Singapura pada tahun 2002.



Pada tahun 2007, dia berhasil lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney. Pada saat masih kuliah di Singapura, Gibran sudah tertarik bisnis catering walaupun orangtuanya menyarankannya untuk melanjutkan usaha keluarga yang turun-temurun masuk di sektor mebel.

Gibran mendirikan usaha katering pada akhir 2010 dengan menggunakan gudang mebel milik ayahnya yang dijadikan kantor dan dapur katering. Nama usaha kateringnya adalah Chilli Pari yang bermakna keberanian dan kemakmuran. Usahanya berdiri setelah hanya satu dari tujuh proposal pinjaman ke bank setuju untuk memberikan pinjaman sebesar Rp.1 M.

Gibran memang tidak pernah sama sekali menemani ayahnya berkampanye dalam pemilihan presiden karena kesibukan menjalankan bisnis kateringnya di Solo. Tidak banyak yang diketahui mengenai kehidupan pribadi Gibran baik mengenai pacar atau lainnya.

Informasi yang beredar hanya mengenai ketidaksetujuan orangtuanya atas keinginan Gibran memulai bisnis katering di Solo, walaupun sekarang orangtua mendukung sepenuhnya. Semoga saja kisah sukses Gibran dalam usahanya bisa menjadi contoh anak muda sekarang.