WartaSolo.com – ICW: setidaknya ada empat calon menteri Jokowi yang dianggap bermasalah sehingga pengumuman kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebaiknya ditunda. Permintaan penundaan itu disampaikan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Karena, menurut ICW dari calon menteri yang diusulkan Jokowi ada beberapa yang dianggap bermasalah.

Oleh sebab itu ICW meminta agar Presiden RI Joko Widodo supaya tidak mengumukan tentang kabinet terlebih dahulu agar tidak memunculkan polemik yang serius di kalangan masyarakat.



“Dari ICW, kami menganggap dari beberapa nama sejumlah 43 figur calon menteri ataupun pejabat setingkat menteri yang telah diusulkan oleh Presiden Jokowi untuk masuk dalam kabinet masih ada yang dinilai bermasalah sebab masih diragukan integritas dan komitmen antikorupsinya,” ucap Ade Irawan Koordinator Badan Pekerja ICW di Jakarta, sebagaimana lansiran JPNN, Senin (20/10/2014).

Ade menyatakan bahwa calon menteri yang dianggap bermasalah itu setidaknya ada empat orang. Keempat calon menteri tersebut masih diragukan integritas serta komitmennya dalam hal antikorupsi. Tetapi, Ade belum berkenan untuk menyebutkan siapa nama-nama calon menteri yang bermasalah tersebut.

“Sosok seorang calon menteri yang masih disangsikan itu berpotensi untuk menjadi seorang tersangka korupsi dan dikabarkan mempunyai rekening ataupun transaksi keuangan yang mencurigakan,” ucapnya.

Maka dari itu, Ade menyarankan supaya langkah mengumumkan kabinet semestinya diputuskan sesudah memperoleh kepastian bahwa sosok-sosok yang telah dipilih terbukti sebagai figur yang terbaik dan sama sekali tak mempunyai masalah dengan hukum ataupun integritas.

“Bahkan didalam undang-undang sudah jelas diatur bahwa presiden masih punya waktu 14 hari sesudah pelantikannya untuk mengumumkan tentang kabinetnya,” paparnya.