WartaSolo.com – Jokowi-JK telah resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2014 – 2019. Joko Widodo (Jokowi) telah menjalani pengambilan sumpah sebagai Presiden RI pada hari, Senin (20/10/2014) sekitar pukul 10.25 WIB. Presiden terpilih itu mengucapkan sumpah jabatannya didepan Sidang Paripurna MPR RI yang sebelumnya diwarnai isu penjegalan dalam pelantikan Jokowi sebagai Presiden.

Jokowi memulai dengan membaca Basmallah, kemudian mengucapkan sumpah jabatannya dengan lancar. “Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ucapnya yang dengan diletakkan kitab suci Al Qur’an di atas kepalanya.



Jokowi kemudian juga mengucapkan sumpah untuk menjalankan UUD 1945 dan undang-undang maupun peraturan-peraturan yang lainnnya. “Dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” katanya sebagaimana lansiran JPNN, Senin (20/10/2014).

Berselang satu menit kemudian, Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla juga mengikrarkan sumpahnya sebagai Wakil Presiden. “Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban sebagai Wakil Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” tutur pria yang biasa disapa dengan nama JK tersebut.

Kemudian dihadapan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia itu membubuhkan tandatangan pada berkas acara pengambilan sumpah jabatannya. Setelah pengucapan sumpah serta penandatanganan berkas di dalam ruang paripurna MPR telah selesai, suara tepuk tangan panjang terdengar riuh menggema.

” Sangat Indah dan luar biasa,” ucap Zulkifli selaku pemimpin sidang. “Mulai saat ini, Ir H Joko Widodo dan Drs HM Jusuf Kalla telah resmi sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2014-2019,” pungkas Zulkifli.