WartaSolo.com – Romo Benny: Jokowi itu ibaratnya Joko Tingkir karena kepandaiannya dalam menggunakan akal. Perumpamaan itu disampaikan oleh seorang Rohaniawan yang bernama Romo Antonius Benny Susetyo. Dia juga merupakan seorang Budayawan yang biasa disapa Romo Benny. Romo Benny menyamakan antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Joko Tingkir karena didasari oleh akal serta kecerdasannya.

“Kemampuan Jokowi itu dalam menguatkan yang namanya mitos. Kalau Jokowi itu kan, dalam mitos sebagai ratu adil. Sebab Jokowi seperti Joko Tingkir. Dalam cerita tanah Jawa mengenai Joko Tingkir kan dikenal punya banyak akal. Sedangkan akalnya tersebut sangat cerdas untuk tampil,” ucap Romo Benny kepada awak media di Cikini, Jakarta, sebagaimana lansiran situs JPNN, Minggu (19/10/2014).


Padahal kenyataannya, lanjut Romo Benny, Jokowi itu bukan pemilik sebuah partai, namun hanyalah rakyat biasa, dan juga bukanlah pemilik modal yang besar. Akan tetapi kemampuan Jokowi ini sangatlah luar biasa.

” Joko Tingkir dalam spiritnya yakni sebagai kemampuan untuk mencari inovasi. Dimulai dengan cara blusukan, inovasi pun terjadi. Kecerdikan akal Jokowi itu telah terbukti dengan dirinya yang menyambangi Aburizal Bakrie (Pimpinan Partai Golkar), Prabowo (Pimpinan Partai Gerindra) dan semua itu mendapat reaksi yang baik oleh publik,” kata Romo Benny.