WartaSolo.com – Jokowi telah menunjukkan sikap negarawan, bagaimana dengan Megawati? Pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dinilai masih belum bisa terbuka dengan lawan-lawan politiknya. Himbauan agar Megawati dapat meniru langkah Jokowi disampaikan oleh Didi Irawadi yang merupakan salah satu politisi dari Partai Demokrat.

Didi Irawadi sangat mengapresiasi safari politik yang di agendakan oleh Joko Widodo sang Presiden terpilih dengan Prabowo Subianto yang notabene adalah mantan rivalnya di Pemilihan Presiden 2014 yang baru saja usai. Pertemuan keduanya dilakukan pada hari Jumat (17/10/2014) pagi di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan IV Nomor 46 yang merupakan rumah almarhum ayah Prabowo, Prof Sumitro Djojohadikusumo.


Menurut Didi bahwa Jokowi telah menunjukkan sikap seorang negarawan. Dan sudah seharusnya sikap itu ditiru oleh Megawati Soekarnoputri yang menurutnya masih kaku. Bahkan, sampai saat ini hubungan Megawati dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga terlihat masih dingin, belum ada komunikasi politik apapun. Didi menganggap sikap tersebut masih kurang pas.

“Jokowi telah menunjukkan sikap seorang negarawan, lalu bagaimana dengan Megawati sendiri?” ucap Didi, sebagaimana dilansir pada laman JPNN, Sabut (18/10/2014).

Pertemuan Jokowi dengan Prabowo, lanjut Didi, itu adalah hal yang sangat bagus untuk menuju terciptanya rekonsiliasi nasional.

Saat ini memang sudah waktunya untuk bisa bersama dan semakin bersatu dan bekerjasama dalam membangun bangsa dan negeri kita tercinta ini. “Namun, kapan Megawati? Kita masih menanti sikap negarawan beliau,” tutur Didi.

Seperti yang telah diberitakan bahwa Jokowi telah melakukan safari politik dengan mengunjungi Prabowo, yang mana pada hari sebelumnya juga telah menemui Pimpinan Partai Golkar Aburizal Bakrie.

Pada pertemuan kedua tokoh itu Prabowo Subianto mengucapkan selamat kepada Jokowi dan berjanji akan memberi dukungan serta akan selalu mengkritisi pemerintahan mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta tersebut.