WartaSolo.com – Persaingan gadget dari banyak kategori nampaknya semakin sengit saja, nampaknya Apple benar-benar paham dengan hal tersebut. Sukses dengan edisi smartphonenya dimana beberapa waktu lalu merilis iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple kembali menghadirkan gadget terbarunya di markas besarnya di Cupertino hari Kamis (16/10/2014) waktu setempat, Apple memperkenalkan tablet iPad generasi ke-6.

Tablet bernama resmi iPad Air 2 itu sehari sebelumnya sempat bocor dalam sebuah panduan pengguna iOS 8 yang tersedia di toko iTunes Store.


Memiliki tebal hanya hanya 6,1 mm, iPad Air 2 18 persen lebih tipis dibandingkan iPad Air sekaligus disebut sebagai tablet tertipis di dunia.

Apple turut memperbarui kamera pada iPad Air 2 yang kini dibekali unit kamera 8 megapiksel yang mampu menangkap gambar panorama, HDR serta merekam timelapse, dan video 1080p.

Fungsi kamera pada iPad Air 2 ini agaknya mendapat penekanan dari Apple lantaran banyak pengguna gemar menggunakan tablet iPad untuk memotret. “iPad adalah jendela bidik terbaik untuk mengkomposisi foto dan video Anda,” kata Kepala Pemasaran Apple, Phil Schiller, yang dikutip  WartaSolo dari KompasTekno, Jumat (17/10/2014)

Selain itu, tombol Home iPad Air 2 juga tampil beda karena dilengkapi dengan pemindai sidik jari TouchID.

Pemindai sidik jari tersebut bisa dipakai oleh pengguna untuk membuka kunci perangkat dan melakukan otentikasi dalam transaksi online.

iPad Air 2 diperkuat prosesor teranyar dari Apple, A8X, versi lebih baru dari A8 yang dipakai pada duet iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Chip A8X yang dibangun dengan arsitektur 64-bit generasi kedua dari Apple diklaim memiliki kinerja CPU 40 persen lebih tinggi dari chip generasi sebelumnya, berikut pengolah grafis (GPU) yang 2,5 kali lebih kencang.

Seperti pada iPhone, iPad Air 2 juga dibekali dengan motion co-processor M8 yang bertugas menangani data dari berbagai macam sensor yang tertanam di tablet ini.

Untuk harga memang belum resmi dirilis, namun kemungkinan besar dalam waktu yang tidak lama harga dari iPad Air 2 ini akan segera diketahui. Apakah untuk gadget terbaru ini akan sukses seperti pendahulunya, kita tunggu saja.