WartaSolo.com – Solo gempar adanya pemberitaan Kerbau Kiai Slamet atau dikenal dengan Kerbau Bule milik Keraton Solo ditusuk oleh orang yang tak dikenal pada bagian leher dan perut.

Penusukan itu terjadi di wilayah Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Rabu (15/10/2014). Pelaku diduga sudah merencanakan penusukan sejak jauh hari. Penusukan menggunakan pelat besi warna hitam memanjang menyebabkan luka sedalam 10 cm, hingga mengenai lambung kerbau. Sedangkan di bagian leher hanya sedalam 5 cm, mengenai tulang leher kerbau bagian kanan.



Wakil Pengageg Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.P. Winarno Kusumo, mengatakan kerbau yang ditusuk itu bernama Bagong, keturunan inti dari Kiai Slamet. Namun karena suka bertarung, kerbau tersebut akhirnya dilepas di wilayah Solo Baru, Grogol.

“Empat dokter mengalami kesulitan mencabut pelat besi yang menancap di perut kerbau karena mengenai lambung. Jika sampai salah mencabut, isi perut bisa ikut keluar,” jelas Wakil Pengageg Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.P. Winarno Kusumo.