WartaSolo.com – Rambut merupakan mahkota setiap orang baik itu pria ataupun wanita. Sudah sepantasnya kita menjaga mahkota kita untuk tetap bersih, wangi dan juga sehat terawat. rambut selain sebagai mahkota, dan memperindah penampilan kita. Rambut juga berfungsi sebagai pelindung kepala dari paparan sinar matahari saat cuaca panas dan juga pada saat cuaca dingin. Maka dari penting untuk tetap menjaga kesehatan Rambut. Namun apa jadinya jika rambut indah yang kita miliki rontok, dan sampe mengalami kebotakan. Berikut akan kita share bagaimana cara mengatasi rambut rontok.

Sebelum membahas cara mengatasi rambut rontok. Perlu halnya anda ketahui apa penyebab rambut rontok. Hal ini perlu diketahui untuk menghindari adanya kerontokan lebih dini. Sehinga sebelumnya kita dapat antisipasi terlebih dahulu, jika tidak ingin mengalami rambut rontok hingga akhirnya botak. dibawah ini merupakan penyebab rambut rontok


1.Faktor keturunan
Keturunan merupakan penyebab yang mungkin tidak bisa dihindari lagi

2. Obat-obatan
Bahan kimia seperti obat-obatan, memang mempunyai efek samping yang cukup banyak. Ada juga dari berbagai obat, yang bisa menyebabkan kerontokkan rambut. Tapi, jika obat yang digunakan selesai maka rontok yang sedang dialami berhenti.

3. Penyakit
Penyakit juga dapat menjadi masalah rambut rontok yang sedang dialami, seperti Diabetes dan lupus dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

4. Stres
Stres juga dapat mengakibatan kerontokan pada rambut. Stres adalah beban rohani yang dialami seseorang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan yang dilakukan kurang terkontrol. Ketika seseorang mengalami stres bukan saja pikiran yang merasa letih, tubuh juga merasakan hal yang sama. Saat stres itu datang, sebagian besar anggota tubuh akan merasakan dampaknya. Salah satunya akibat stres ini adalah hormon pada rambut jadi tidak berfungsi.

5. Kekurangan kalori dan nutrisi
Biasanya seseorang yang sering melakukan diet dapat menyebabkan efek samping pada terjadinya kekurangan protein, kalori dan nutrisi rambut, sehingga rambut menjadi tidak sehat, lemah dan pada akhirnya rontok, cara mengatainya dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi tinggi.

6. Hamil
Seseorang wanita yang hamil memang merupakan salah satu penyebab dari kerontokan rambut. Dengan asupan gizi dan nutrisi yang tepat, mungkin kerontokan rambut yang sedang dialami akan berakhir dengan sendirinya.

Itulah beberapa penyebab kerontokan rambut yang dapat dialami setiap orang. Karena kerontokan rambut dapat menyerang siapa saja. Dan jika kerontokan rambut sudah melanda anda, berikut cara mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Lidah buaya
Siapa yang tidak kenal tanaman yang satu ini? Lidah buaya memang sudah dipercaya berkhasiat untuk kesehatan rambut. Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat membantu menyuburkan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. Cara menggunakannya hanya perlu menyediakan beberapa helai daun lidah buaya, kemudian ambil lendir lidah buaya tesebut. Lalu jadikan sebagai pengganti sampo disetiap kali anda keramas / mandi. Usapkan pada rambut yang masih setengah kering sambil dipijit-pijit. Diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

Madu
Madu sudah lama dikenal dapat menjaga kesehatan tubuh, tak terkecuali menjaga kesehatan rambut. Madu dapat bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan menjadikan rambut lebih kuat. Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskan madu secukupnya pada seluruh permukaan kulit kepala dan rambut dengan sambil melakukan pemijatan selama kurang lebih 10 menit. Lakukan cara ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut serta menjaga kesehatan rambut. Cara menggunakannya cukup mudah dengan menyeduh teh dengan menggunakan air panas. Setelah menyeduh dengan air panas, kemudian endapkan selama semalaman. Air teh yang dibuat akan menjadi basi, air teh yang basi itulah yang akan digunakan. Air teh basi tersebut digosok-gosokkan ke seluruh permukaan kulit kepala. Lakukan sebelum keramas. Lakukan dengan rutin.

Daun seledri
Daun seledri juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini karena daun seledri mengandung vitamin seperti, zat besi, vitamin A, vitamin B, natrium dan kalsium bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan rambut agar lebih kuat, sehat dan tampak berkilau. Cara menggunakannya dengan ambil beberapa batang seledri secukupnya. Bersihkan dan blender dengan telur yang sebelumnya sudah dikocok. Blender sampai tercampur dengan rata. Kemudian, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dipiit dengan lembut. Diamkan selama sekitar 20-30 menit kemudian bilas sampai bersih.

Alpukat
Alpukat ini juga cocok untuk mengatasi rambut kering, karena alpukat mengandung banyak nutrisi dan asam lemak. Cara menggunakannya terlebih dahulu hancurkan alpukat di dalam mangkuk dan kemudia aduk sampai menjadi pasta kental. Setelah menjadi pasta, usapkan pada rambut menyeluruh mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama sekitar 20 menit. Bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas hingga bersih.

Yoghurt
Yoghurt juga bermanfaat untuk mengatas rambut rontok. Caranya, yaitu gunan yoghurt sebagai masker rambut Anda. Diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini setiap minggu sekali.

Nah, itulah penyebab kerontokan rambut dan juga cara mengatasi kerontokan rambut. Selalu jagalah mahkota anda agar selalu bersih dan sehat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.