WartaSolo.com – Computer vision syndrome (CVS) adalah gangguan yang umum dialami oleh orang-orang yang kerap bekerja di depan komputer PC dan laptop. Sindrom ini dicirikan dengan lelanya otot I sekitar kepala dan mata terasa kering, dan pegal pada leher dan pundak. Penyebab utama dari sindrom ini adalah terlalu lama memandang layar komputer tanpa berkedip dan jarang meregangkan tubuh.

Seperti dikutip dari Times of India, CVS yang berkelanjutan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Hal lain yang dapat memperparah CVS adalah sering melihat televisi dan ponsel selepas bekerja berjam-jam didepan komputer.


Profesor Dan Reinstein dari Vision Clinic London memaparkan “Ketika kita menggunakan komputer untuk waktu yang lama, kita hanya berkedip sekitar 4-7 kali per menit tingkat biasa kami berkedip lebih seperti 18 – 20 kali per menit. Jadi ini adalah penurunan yang signifikan – dapat menyebabkan gejala seperti kering mata dan penglihatan kabur, ”


Tanpa kita sadari mungkin kita sudah terserang CVS ringan, berikut tips singkat untuk mencegah CVS:

  1. Lakukan kedipan secara teratur dan pastikan layar komputer memiliki tampilan yang tidak berkedip.
  2. Atur posisi layar terutama dari cahaya lampu atau jendela agar nyaman dan tidak silau saat dipandang serta tidak menimbulkan ketegangan otot.
  3. Hindari Penggunaan kipas angina atau AC selama bekerja dengan komputer berjam-jam, Karena hal ini akan membuat mata semakin kering.
  4. Penuhi kebutuhan air dengan cukup minum air putih agar tidak dehidrasi.
  5. Hindari menggunakanlensa kontak, lebih baik gunakan kacamata di saat bekerja dengan komputer. Hal tersebut dapat membuat mata lebih kering dan memperparah sindrom.
  6. Biasakan beristirahat sejenak setelah bekerja dengan komputer selama satu jam. Pandang objek yang jauh sembari menggerak-gerakkan mata.
    Segera menemui dokter mata apabila gejala CVS mulai terlihat.