WartaSolo.com – Jokowi didesak tuntaskan delapan tuntutan rakyat ini. Menurut Ray Rangkuti yang tergabung dalam Gerakan Dekrit Rakyat Indonesia untuk Jokowi-JK ini menyatakan ada delapan tuntutan rakyat yang harus diselesaikan pada masa pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla nanti.

Menurut Ray hal ini juga sangat penting untuk Jokowi sendiri, sebab kekuatan rakyat dan para relawan yang sangat besar dukungannya pada pemilu presiden 2014 itu dapat berbalik untuk menjatuhkannya apabila tuntutan ini tidak dituntaskan serta tidak menjadi program utama kebijakan pemerintahan Jokowi – JK.



Inilah 8 tuntutan rakyat yang disuarakan oleh Gerakan Dekrit Rakyat Indonesia untuk Jokowi-JK:

  1. Jokowi harus dapat menuntaskan kasus penculikan aktivis,
  2. Menuntaskan kasus pembunuhan Munir,
  3. Menyelesaikan skandal Bank Century,
  4. Menuntaskan kasus Lapindo,
  5. Menuntaskan kasus pengemplang pajak,
  6. Menuntaskan pemberantasan mafia migas,
  7. Menuntaskan kasus mafia impor bahan pokok, dan
  8. Berusaha menghindari menumpuk hutang.

Kedelapan tuntutan itu disampaikan oleh Direktur Nasional Lingkar Madani (LIMA) Indonesia Ray Rangkuti, dalam sebuah diskusi bertema “Politik Bohong dan Jegal-Jegalan, Mampukah Jokowi Bertahan” di Tong Tji Tea House, Cikini, sebagaimana dilansir pada laman JPNN, Senin (13/10/2014).

Selain itu Ray juga mengajak serta menantang Hasim Djojohadikoesoemo supaya turut menyuarakan delapan agenda tersebut untuk menuntut Jokowi. Hal tersebut berdasar pernyataan adik Prabowo Subianto itu yang mengaku siap mengkritisi pemerintahan Jokowi-JK.