WartaSolo.com – Pepaya, salah satu buah yang sering dijumpai di Indonesia. Selain rasanya enak, manis dan lembut, buah pepaya punya segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Buah pepaya bisa dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Pepaya muda bisa digunakan untuk sayuran, dan pepaya yang masak bisa dimakan langsung maupun jus.



Berikut adalah beberapa keuntungan dari buah pepaya, seperti dilansir laman Boldsky.

Mengatur menstruasi

Pepaya menciptakan kehangatan pada tubuh. Kondisi hangat ini akan menstimulasi tubuh untuk mereproduksi estrogen. Sebagai efeknya, siklus menstruasi menjadi lebih normal dari bulan ke bulan. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi pepaya hijau mentah.

Membantu sistem pencernaan

Pepaya, baik yang hijau maupun yang orange, memiliki banyak serat yang bagus untuk mempertahankan sistem pencernaan tubuh.

Meredakan konstipasi

Perubahan gaya hidup dan pola makan bisa semakin mempertinggi kemungkinan terkena konstipasi. Untuk mencegah hal ini terjadi, konsumsi serat pada pepaya bisa membantu mencegah konstipasi.

Mencerahkan kulit

Baik dimakan langsung ataupun diminum, jika Anda mengonsumsi pepaya secara rutin akan berpengaruh pada kulit. Kulit akan lebih cerah berkat anti oksidan yang terkandung dalam pepaya.

Mencegah masalah penyakit jantung

Zat seperti anti oksidan, vitamin dan fitonutrien dalam pepaya bisa menjaga kesehatan jantung.

Membantu perawatan kanker

Zat lycopene yang terdapat dalam jus pepaya bisa membantu dalam perawatan kanker liver, pankreas dan kanker payudara.

Mengurangi peradangan

Kandungan enzim pada pepaya seperti papain dan chymopapain bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Jus pepaya juga bermanfaat dalam kondisi osteoartritis dan rheumatoid artritis.

Membantu menurunkan berat badan

Pepaya dikenal sebagai buah dengan serat tinggi namun mengandung kalori yang rendah. Buah ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk yang berencana melakukan diet.

Menaikkan imunitas

Peneliti sudah membuktikan bahwa mengonsumsi pepaya secara rutin bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Imunitas yang terjaga sangat baik sebagai ‘dasar’ tubuh yang terjaga. (Boldsky)