WartaSolo.com – Penelitian terbaru menyatakan bahwa diet perempuan Jepang yang kaya ikan mentah dan teh hijau terbukti sehat dan membantu mereka hidup jauh lebih lama dari perempuan Inggris.

Para perempuan Jepang rata-rata hidup sampai sekitar 86,4 tahun lebih lama dibandingkan perempuan Inggris yang hidup hanya 82,7 tahun dengan menghindari makanan khas Barat yang kaya dengan susu dan roti.


Dikutip dari Kabar24, hasil penelitian Kantor Statistik Nasional (Office for National Statistics/ONS) Inggris menyebutkan, para perempuan Inggris kemungkinan bisa meningkatkan harapan hidup mereka jika mengikuti gaya hidup para perempuan Jepang, demikian laporan laman The Times.

Umumnya, perempuan Jepang berdiet dengan makanan yang sarat biji-bijian, sayuran dan kedelai. Dimana, para perempuan Jepang mengkonsumsi sekitar 25 persen lebih sedikit kalori daripada wanita Inggris.

Selain itu, perempuan Jepang rata-rata memakan tiga sajian ikan dalam sepekan dengan porsi kecil. Selain itu, penggunaan sumpit diyakini dapat memperlambat proses makan dan memberikan waktu bagi tubuh untuk menyadari apa saja yang telah dikonsumsi sehingga orang cenderung makan lebih sedikit.

Kebiasaan minum teh hijau juga sudah lama diketahui bermanfaat bagi kesehatan tapi penelitian baru menemukan bahwa teh hijau baik untuk kesehatan jiwa.

Bahkan, para ilmuwan mengklaim teh hijau dapat meningkatkan beberapa fungsi kognitif, khususnya cara kerja daya ingat. Penemuan terbaru menunjukkan teh hijau dapat digunakan untuk mengobati demensia dan gangguan kejiwaan lainnya.

Para ilmuwan dari University of Basel di Swiss menemukan bahwa ekstrak teh hijau bisa meningkatkan konektivitas sehingga memperbaiki cara kerja memori, demikian seperti dilansir laman Daily Mail.