WartaSolo.com – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014, pemerintah menaikkan nilai ambang batas (passing grade) kelulusan untuk tes kompetensi dasar (TKD).

Namun kenaikan itu hanya dilakukan terhadap kelompok soal tes karakteristik pribadi (TKP), sementara dua kelompok soal lainnya tetap seperti tahun 2013.



Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmadja, mengatakan passing grade tahun lalu 75 poin, untuk tes intelegensia umum (TIU), 70 poin, untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) dan 105 poin untuk tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk tahun ini, TKP dinaikkan menjadi 126 poin, sehingga jumlahnya menjadi 271 poin.

Ketentuan mengenai ambang batas kelulusan TKD CPNS itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS tahun 2014.

Passing grade untuk TKP ditetapkan dengan kriteria 72 persen dari nilai maksimal yakni 175 poin. Untuk TIU jumlah soalnya 30, kalau jawaban benar semua nilai maksimal 150 poin.

Passing grade TIU merupakan 50 persen dari nilai maksimal, yakni 75 atau 15 jawaban benar. Sedangkan passing grade TWK ditetapkan 40 persen dari nilai maksimal, yakni 175 poin dengan jumlah soal 35, yakni 70 poin.

Setiawan mengingatkan, meskipun total nilai peserta tinggi tetapi jika ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi passing grade, peserta tes tetap tidak lulus.

“Jadi selain nilainya harus tinggi, peserta harus memenuhi passing grade,” ujar Iwan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (9/10).

Peserta seleksi CPNS yang dinyatakan lolos, dapat mengikuti tahap seleksi lanjutan, yakni tes kompetensi bidang (TKB). Passing grade baru ini akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat.