WartaSolo.com – Hoax, KPK mengaku tak membuat sprindik atas nama Setya Novanto. Hal itu dapat dipastikan berdasar keterangan Johan Budi, S.P selaku Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Johan sangat yakin bahwa surat perintah penyidikan (sprindik) atas nama Setya Novanto yang saat ini telah beredar di kalangan awak media bisa dipastikan bukanlah berasal dari KPK.

Menurut Johan, hingga saat ini KPK belum pernah menerbitkan sprindik atas nama Setya Novanto. Pernyataan ini sekaligus menepis anggapan tentang keabsahan sprindik tersebut.



“‎Hoax. KPK tak membuat sprindik atas nama Setya Novanto,” ucap Johan Budi kepada awak media sebagaimana lansiran situs JPNN, Selasa (7/10/2014).

Pernyataan Johan diamini Bambang Widjojanto selaku Wakil Ketua KPK. Bambang menyampaikan hal yang sama bahwasanya KPK tak pernah menerbitkan sprindik atas nama Setya Novanto. “Yang saya ketahui KPK tak pernah membuat sprindik seperti itu,” ungkap Bambang.

‎Sebelumnya diberitakan, bahwa telah beredar foto sprindik Setya yang dikirim dengan surat elektronik dengan alamat bambang.sukoco23@gmail.com. Dalam sprindik tersebut mencantumkan telah dilakukan penyidikan oleh KPK atas tindak pidana korupsi dengan tersangka Setya Novanto selaku anggota DPR. Dengan beberapa tuduhan yakni penerimaan hadiah atau janji kepada pegawai negeri ataupun penyelenggara negara berkaitan dengan adanya proses perencanaan dan pelaksanaan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau.

Dalam foto sprindik yang ditandatangani oleh Bambang Widjojanto selaku Wakil Ketua KPK tertanggal 25 September 2014 tersebut juga dicantumkan nama keempat penyidik KPK (Endang Tarsa, Bambang Sukoco, Heri Muryanto dan Salmah) yang tengah menangani kasus tersebut.