WartaSolo.com – Sebuah penelitian terbaru dan mengejutkan bahwa situs jejaring sosial populer di dunia FB ternyata bisa mendorong rasa percaya diri dan menaikkan mood seseorang. Riset ini ditemukan oleh Silvia Knobloch-Westerwick, seorang profesor ilmu komunikasi di Ohio State University AS.

Dia mengatakan bahwa ketika orang-orang berada dalam suasana mood yang jelek, mereka akan mulai mencari-cari orang-orang yang kalah menarik dan kurang sukses di situs media sosial mereka.”



Penemuan ini memberi tambahan konteks dari studi terdahulu yang menyebutkan bahwa orang yang menghabiskan banyak waktu di FB cenderung cepat frustasi, marah dan kesepian. Hal ini kemungkinan timbul dari membaca update-update status dari teman-teman yang sedang berbahagia.

“Manusia memiliki kemampuan untuk mengendalikan keinginan mereka pada sosial media,” kata Benjamin Johnson, salah satu peneliti dan asisten profesor di VU University Amsterdam, Belanda.

“Pada umumnya, kebanyakan daripada kita melihat hal positif pada situs sosial media. Tetapi bila anda merasa negatif, anda akan mencari orang lain di FB yang sedang sial, atau yang tidak bisa menunjukkan sisi positif mereka, hanya supaya anda merasa lebih baik,” lanjut Johnson.

Penelitian ini melibatkan 168 mahasiswa. Secara keseluruhan, para peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang cenderung lebih sering melihat profil teman atau orang lain yang sukses dan menarik.

Hasil sebaliknya ditemukan pada partisipan dengan mood buruk, yaitu menghabiskan waktu lebih lama untuk mencari profil orang lain yang kalah menarik atau kurang sukses dibandingkan dengan mereka.

Bila anda memerlukan dorongan rasa percaya diri, anda akan menoleh pada orang yang kurang beruntung daripada anda,” ungkap Knobloch-Westerwick. Penelitian ini bisa dibaca secara online di jurnal Computers in Human Behaviour.