WartaSolo.com – Selama ini minum air perasan jeruk lemon dipercaya dapat menurunkan berat badan. Banyak orang meyakini dengan meminum perasan dari buah yang mengandung banyak vitamin C ini saat bangun tidur, berkhasiat membuang kalori dan lemak dari dalam tubuh.

Ternyata hal tersebut disanggah oleh Ahli Gizi dan Nutrisi, Mochamad Aldis Rusliadi, SKM. Menurut Aldis, dengan meminum air perasan jeruk lemon malah menjadikan kalori-kalori itu tertimbun di dalam tubuh, meski sedikit.


“Yang paling ampuh, cuma olahraga di pagi hari,” kata Aldis yang dilnasir laman Liputan6, Kamis (2/10/2014).

Nutrition and Health Education Executive dari Nutrifood menerangkan, ketika tubuh melakukan olahraga, membuat sejumlah otot berkontraksi dan relaksasi.

Saat seseorang berolahraga banyak radikal bebas bermunculan didalam tubuh, maka dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C yang berasal dari buah dan sayuran. “Di sinilah fungsinya air jeruk lemon itu. Untuk mengantisipasi radikal bebas yang semakin tinggi, pada orang-orang yang rutin berolahraga, seperti atlet,” kata Aldis menerangkan.

Aldi juga menekankan bahwa, meminum air perasan jeruk lemon dikaitkan dengan penurunan badan itu hanya mitos, karena tubuh justru menumpuk kalori kembali. Tapi, bila untuk menangkal radikal bebas yang diakibatkan dari olahraga, maka itu bisa dikaitkan.