WartaSolo.com – Samsung memang selalu mengerti keinginan dan kebutuhan para konsumen untuk mendapatkan gadget yang murah namun tetap mengusung spek yang tinggi. Kini Samsung telah mengeluarkan smartphone terbaru yang yang diberi nama Samsung Galaxy V. Smartphone yang menyasar kelas menengah kebawah ini semakin menambah deretan kelas entry level Samsung yang banyak digemari konsumen. Harga Samsung Galaxy V dibandrol dengan harga Rp. 1.174.000,- per unitnya seperti dikutip dari Lazada, Jumat (3/10/2014). Apa yang ditawarkan smartphone terbaru Samsung ini? Berikut ulasannya.

Samsung Galaxy V memiliki bentang layar 4 inchi bersolusi 480 x 854 piksel. Namun sayang, prosesor yang digunakan adalah single-core yang dipastikan cukup berat untuk menjalankan aplikasi-aplikasi terkini yang minimal membutuhkan kinerja dual-core. Tetapi untuk akomodasi kebutuhan standar seperti chatting, dan proses kerja yang tidak terlalu banyak, masih cukup nyaman untuk digunakan. Sehingga masih dalam kapasitas yang nyaman untuk digunakan.


Samsung Galaxy V dibekali dengan prosesor 1.2 GHz yang dipadukan dengan RAM 512 MB. Dalam smartphone ini telah dibenamkan memori internal sebesar 4 GB. Meskipun smartphone ini termasuk dalam smartphone kelas bawah, namun sistem operasi yang diusung merupakan OS Android terbaru saat ini yakni sudah menggunakan Android KitKat 4.4.

Fitur lain yang terdapat dalam smartphone ini yakni adanya kamera utama sebesar 3 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash dan juga baterai dengan kapasitas 1.500 mAh untuk menunjang daya tahan ponsel ini. Satu lagi, ponsel ini bisa menampung 2 SIM dan bekerja pada jaringan 3G dan juga 2G.

Kelebihan Samsung Galaxy V

  1. Layar yang diusung cukup lebar yakni 4 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel dengan tingkat kerapatan 2455 ppi.
  2. Tersedia dua slot sim card, sehingga anda bisa menggunakan 2 buah kartu sim GSM dari 2 operator yang berbeda secara bersamaan.
  3. Memori internal cukup lapang yakni 4 Gb,dan telah disediakan pula slot SDcard yang mampu menampung hingga 32 Gb.
  4. Sudah menjalankan OS terbaru yakni Android versi 4.4.2 kitkat dengan tampilan antar muka yang menarik dan memiliki konsumsi baterai yang hemat.
  5. Konektivitas cukup lengkap seperti wifi, 3G, HSDPA, GPS dan Bluetooth
  6. Sudah dilengkapi kamera depan yang bisa anda gunakan untuk foto selfie ataupun video call.
  7. Tersedia LED flash untuk memoto di arera yang kurang cahaya.
  8. Terdapat fitur Radio FM, sehingga anda bisa memutar siaran dari stasiun favorit anda.

Kekurangan samsung Galaxy V

  1. Kapasitas RAM hanya 512 mb sehingga kinerja ponsel sangat ngos-ngosan
  2. Kapasias baterai tidak terlalu besar yakni 1500 mAh sehingga paling tidak anda harus mengisi dua kali dalam sehari jika ponsel digunakan secara terus menerus meski untuk aktivitas ringan.
  3. Meski dilengkapi kamera depan namun sayang hanya beresolusi VGA.
  4. Kamera belakang hanya berkekuatan 3,15 Mb
  5. Layar yang digunakan masih jenis TFT, bukan IPS atau AMOLED yang banyak digunakan pada smartphone saat ini.
  6. Prosesor yang digunakan hanya single core, padahal di kelas ini rata-rata menggunakan dual core bahkan sudah ada yang menggunakan quad core.

Samsung Galaxy V siap bersaing dengan vendor lain seperti Xiaomi Redmi 1S yang kini sedang booming dan juga Zenfone series yang memiliki fitur cukup canggih, serta merk lokal yang lain. Kehadiran smartphone ini semakin menambah banyak keluarga Galaxy series besutan Samsung yang makin digemari konsumen.