WartaSolo.com – Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya manfaat. Brokoli termasuk dalam sayuran berdaun hijau tua jenis Brassica, keluarga tanaman yang meliputi kangkung, kubis, dan kembang kol. Brokoli berasal di Italia, brokoli berasal dari kata broccolo Italia, yang berarti cabang. Sayuran ini pertama kali dibudidayakan di abad ke-17 atau ke-18.

Mengkonsumsinya dalam kondisi mentah dapat melindungi nutrisi di dalamnya. Brokoli telah lama dianggap sebagai salah satu makanan super yang dikemas dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Nilai gizi dari brokoli dapat dianggap sebagai pembangkit tenaga zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. Brokoli juga mengandung phytochemical penting dan antioksidan, yang melawan berbagai penyakit dan infeksi.


Namun jika anda tidak suka sayuran mentah. Anda dapat menambahkan brokoli disetiap masakan anda. Berbagai menu masakan dapat disajikan dengan berbahan brokoli, selain itu sayur merupakan kebutuhan yang diperlukan tubuh. Itulah sebab kenapa Anda harus mengonsumsi banyak macam sayuran, termasuk brokoli.

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi Brokoli

1. Sangat Baik untuk kesehatan mata
Menurut beberapa penelitian, lutein karotenoid yang ada di dalam brokoli baik untuk mencegah penyakit mata terutama berkaitan dengan katarak. Selain itu vitamin A yang ada di dalam brokoli, juga menyehatkan retina.

2. Dapat Mengatur tekanan darah
Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang harus dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi karena mengandung magnesium dan kalsium.

3. Menyehatkan sistem saraf
Dengan tingginya kandungan kalium di dalamnya, maka brokoli baik untuk kesehatan sistem saraf Anda.

4. Dapat Memperkuat tulang
Brokoli tinggi akan kalsium dan vitamin K yang dapat membantu Anda untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

5. Dapat Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Brokoli mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sebab brokoli mengandung beta karoten, seng, dan selenium.

6. Membersihkan kulit
Ingin kulit Anda terlihat lebih bersih? Konsumsilah brokoli sebab brokoli mengandung glucoraphanin yang baik untuk proses doteksifikasi kulit.

7. Dapat menurunkan Kolesterol
Karena brokoli penuh dengan serat larut yang mampu menurunkan kolesterol.

8. Dapat mencerdaskan Otak
Kandungan vitamin C, K, dan asam lemak omega 3 dalam brokoli terbukti mampu meningkatkan memori, kecerdasan, dan kesehatan otak.

Nah itulah beberapa manfaat sayuran brokoli. Sayuran hijau yang sangat kaya akan manfaat. Kebutuhan tubuh akan sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran yang banyak manfaatnya. Hindari makanan instan untuk mengurangi resiko kesehatan anda.