WartaSolo.com – Pimpinan DPR RI Periode 2014-2019 telah disahkan. Setya Novanto yang berperan sebagai politikus partai Golkar terpilih menjadi ketua DPR RI periode 2014-2019. Setya terpilih dalam sidang paripurna paket pimpinan DPR RI yang digelar hingga Kamis dini hari, 2 Oktober 2014.

Setya Novanto ini lebih dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Dia sering bolak-balik KPK untuk diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan sejumlah kasus korupsi. Dia kembali lolos ke Senayan dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II. (Baca Juga : Irman Gusman, Jadi Pimpinan DPD Periode 2014-2019)


Berikut ini adalah susunan pimpinan DPR RI untuk periode 2014-2019 dikutip dari Kompas, Kamis (02/10/2014).

Ketua DPR
Setya Novanto (Fraksi Partai Golkar)

Wakil Ketua
Fadli Zon (Fraksi Partai Gerindra)
Agus Hermanto (Fraksi Partai Demokrat)
Fahri Hamzah (Fraksi Partai Keadilan Sejahtera)
Taufik Kurniawan (Fraksi Partai Amanat Nasional)

Penetapan Paket itu pun tanpa hambatan dan langsung disetujui dalam sidang paripurna penetapan pimpinan DPR yang berlangsung dari Rabu (1/9/2014) malam hingga Kamis (2/9/2014) dini hari. Pasalnya, semua partai koalisi merah putih dan partai demokrat kompak mengajukan lima nama itu dalam paket.

“Ternyata dari enam fraksi sama (mengajukannya), dengan demikian hanya ada satu paket. Apa perlu dipilih lagi? Tidak kan. Karena ada satu paket diajukan enam fraksi,” ujarnya.

Langsung saja pimpinan sidang Popong Otje Djunjunan mensahkan kelima nama tersebut. Tok!

“Dengan demikian ketua dan wakil ketua terpilih sudah kita dengar besama,” kata Popong setelah menyebutkan satu persatu kelima nama itu.

Koalisi Jokowi-JK yang sudah gagal mengajukan paket sebelumnya memutuskan untuk walkout.