WartaSolo.com – Anda punya keluhan penyakit asam urat (gout)? Kabar gembira untuk Anda karena dengan jus bisa atasi keluhan tersebut yaitu dengan jus buah ceri.

Hasil penelitian Northumbria University menunjukkan bahwa jus ceri mengandung sifat anti-inflamasi dan aktioksidan, sehingga bisa membantu mengeluarkan asam urat (gout) berlebih hanya dalam beberapa jam. Asam urat merupakan gangguan kesehatan yang mempengaruhi satu dari 14 lelaki dan satu dari 35 perempuan di Inggris.



Asam urat (gout) terjadi ketika kelebihan asam urat yang mengkristal pada sendi, terutama jari-jari kaki. Penelitian tersebut menemukan bahwa minum 30 ml konsentrat ceri Montmorency dengan air, dua kali sehari dapat menurunkan kadar asam urat darah dan peradangan.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan ini merupakan langkah pertama membantu penderita meringankan kondisi melalui pola makan (diet). Selama ini, asam urat diatasi dengan pengobatan yang menjaga tekanan dari sendi yang terkena, penggunaan kompres es selama serangan, dan mengonsumsi obat-obatan anti-inflamasi.

Dalam kasus ekstrem, pasien menggunakan kortikosteroid. Namun, obat-obatan tersebut bila dikonsumsi dalam jangka panjang bisa membawa risiko efek samping seperti masalah jantung dan masalah perut. Demikian informasi dikutip dari Suara, Senin (29/09/2014).