WartaSolo.com – Menjelang lebaran Hari Raya Idul Adha yang jatuh tanggal 05 Oktober 2014 mendatang, pasti Anda disibukkan dengan mencari hewan kurban salah satunya kambing. Namun, Anda juga pasti sudah mempersiapkan menu masakan apa yang cocok dengan bahan daging kambing?

Alangkah baiknya Anda hilangkan bau prengus pada kambing terlebih dahulu. Banyak masyarakat tidak menyukai kambing karena bau prengus dan dagingnya yang alot. Padahal kalau dapat diolah dengan benar, daging kambing tersebut dapat menjadi hidangan lezat nan istimewa.


Berikut ini tips penghilang bau prengus pada daging kambing. Pertama, daging kambing dicuci dan dibersihkan sampai benar-benar bersih. Kedua, saat akan merebus jeroan dan sebelum menyalakan kompor, masukan jeroan dan air dalam temperature normal ke dalam panci.

Ketiga, nyalakan kompor dengan api besar, dan tunggu hingga 10 menit sampai tampak buih-buih putih dipermukaan air. Keempat, angkat dan buang buih-buih yang muncul ke permukaan karena itu merupakan sisa kotoran yang masih menempel pada daging dan jeroan yang bisa mengakibatkan bau prengus pada masakan.

Kelima, saat merebus daging, tambahkan daun sama dan lengkuas yang sudah digeprek sehingga dapat menambah aroma rempah pada daging dan jeroan. Aroma itu pula yang menghilangkan bau kambing. Potongan buah nanas juga bisa hilangkan bau prengus kambing.

Caranya adalah, setelah daging kambing dicuci bersih, lalu dicampur dengan potongan nanas dalam satu wadah, diamkan sesaat sebelum dimasak. Buah nanas ini fungsinya ngga hanya menghilangkan bau prengus, tetapi juga membantu menjadikan sate lebih empuk.

Dengan tips diatas, sekarang Anda tak perlu khawatir akan bau prengus yang melekat di daging kambing. Selamat mencoba