WartaSolo.com – Kabar mengejutkan datang dari seorang pria asal Tiongkok, dimana tubuhnya dipenuhi cacing. Sang pria mengetahui hal ini karena merasakan gatal disekujur tubuhnya dan sering mengalami sakit perut. Setelah memeriksakan ke dokter, dokter memutuskan untuk memindai tubunya. betapa terkejutnya pria itu karena hampir seluruh tubuhnya dipenuhi cacing pita.

Tubuh pria asal Tiongkok tersebut dipenuhi cacing akibat kegemarannya menyantap sashimi atau ikan yang disajikan mentah. Bagi anda yang gemar mengkonsumsi masakan Jepang atau ikan mentah. Sebaiknya pastikan makanan yang anda santap berasal dari ikan yang masih segar. Karena berdasarkan dokter yang menangani kasus langka tersebut mengatakan kemungkinan besar, cacing berasal dari ikan mentah yang terkontaminasi. Seperti yang dilansir dari Daiuly mail.



Dr. Yin, yang menangani kasus tersebut mengatakan, pasiennya terserang cysticercosis, atau dengan kata lain, cacing pita menginfeksi tubuh lewat telur yang masuk melalui aliran darah. Tipe infeksi tersebut bisa berbahaya, jika telur cacing bersarang di otak dan kemudian berkembang biak.

Karena Sebelumnya sudah banyak riset yang menyebutkan bahwa mengonsumsi daging mentah, baik itu daging merah maupun daging putih seperti ikan, bisa menyebabkan berbagai infeksi parasit. Infeksi cacing pita terjadi karena manusia mengonsumsi daging yang terkontaminasi larva cacing diphyllobothrium. Larva ini biasa ditemukan di daging ikan salmon.

“Sanitasi dalam mengudap makanan mentah harus lebih diperhatikan. Ikan yang disajikan pun harus dalam keadaan benar-benar segar,” ujar ahli infeksi parasit Nancy Craig.

Larva cacing akan menempel pada lapisan usus ikan dan mengkontaminasi daging ikan dengan lebih banyak cacing. Oleh karena sushi dan sashimi disajikan mentah, larva cacing tidak mati dan dengan mudah masuk dalam sistem pencernaan manusia. Ketika terinfeksi, larva cacing akan tumbuh menjadi cacing dewasa dalam tubuh manusia. Masa pertumbuhan cacing tersebut bisa mencapai hitungan bulan dan hidup bertahun-tahun dalam tubuh manusia.

Sebaiknya kita harti – hati terhadap apa saja yang akan kita mnagkat. Karena kebersihan adalah yang paling utama. Dan meskipun masakan Jepang itu menyehatkan, pastikan bahwa ikan yang dikonsumsi merupakan ikan segar. Gejala yang dialami penderita cacing pita biasanya kelelahan akut, konstipasi, dan perut tidak nyaman.