WartaSolo.com – Pertandingan persahabatan antara Indonesia vs Kamboja berakhir dengan skor tipis untuk kemenangan Indonesia 1-0 lewat adu pinalti. Laga ini digelar di Stadion Delta Sidorajio, Jawa Timur, pada Kamis (25/9/2014).

Satu-satunya gol untuk timnas Indonesia baru datang melalui titik penalti melalui Raphael Maitimo pada menit terakhir babak pertama. Wasit Mohd Nafeez Abdul Wahab dari Malaysia memutuskan penalti setelah Zulham Zamrun dijatuhkan pemain belakang Kamboja di kotak terlarang.



Dikutip dari Kabar24, banyak peluang terbuang. Ahmad Bustomi sempat mendapat peluang, juga Maitimo yang sundulannya tipis di atas mistar gawang Kamboja yang dikawal Sopu Yaty. Sementara Kamboja nyaris menjebol gawang Kurnia Meiga dengan tendangan silang Prak Mony Udom yang tipis melebar di sisi luar tiang kanan.

Tekanan demi tekanan dilakukan skuat Merah Putih. Sontekan Anindito Wahyu Erminarno dua kali melayang tipis di atas mistar. Supardi Nasir pun melepas satu peluang ketika telah berhadapan dengan kiper lawan setelah mendapat umpan terobosan dari Maitimoe.

Serangan demi serangan dibangun, tetapi skema permainan di lini depan nyaris tidak terlihat, sehingga setiap pemain bergerak masing-masing dan banyak membuang tenaga. Sorotan atas penampilan bagus layak ditujukan kepada Rizki Rizaldi Pora, Zulham, dan Maitimo.

Memasuki babak kedua, pelatih Alfred Riedl memasukkan Christian Gonzales menggantikan Anindito. Lantas pada menit ke-60 Hendro Siswanto masuk menggantikan Ahmad Bustomi. Ini isyarat atas adanya keinginan untuk menambah gol.

Namun kenyataannya gol tak kunjung datang. Peluang pun tak kunjung datang. Sebaliknya Kamboja nyaris mampu menjebol gawang Kurnia Meiga.

Pada menit ke-70 Hamka Hamzah hampir membuat gol bunuh diri saat memotong bidikan pemain Kamboja dan semenit kemudian terjadi kemelut bola rebound hasil tendangan bebas yang beruntung masih bisa diselamatkan Kurnia Meiga. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0 saja, itu pun lewat penalti.

Pertandingan ini merupakan bagian dari persiapan Timnas Indonesia senior untuk mengikuti Piala AFF (Asean Football Federation) 2014 di Vietnam yang dimulai pada 22 November.