WartaSolo.com – Timnas U-19 harus takluk dengan tim spanyol Barcelona B dalam laga uji coba di Stadion Joan Gamper, Barcelona, pada Rabu (24/9/2014). Barcelona B memasukkan dua pemain senior barca yakni Luis Suarez, alhasil Timnas U-19 kalah dengan skor telak 0-6.

Timnas U-19 mendapatkan serangan bertubi-tubi reserve team skuat utama Barcelona yang berkompetisi di Divisi Segunda—level kedua dalam sistem sepak bola Spanyol—ini merepotkan barisan belakang Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri.



Sedikitnya 10 peluang Barcelona B terbuang dan hanya 6 gol yang tercipta. Penguasaan bola, Barcelona menang sekitar 75 persen dari Timnas U-19, alhasil Garuda Muda temui kesulitan tembus pertahanan lawan.

Dikutip dari Kabar24, Rabu (24/09/2014), baru 3 menit laga berjalan, gawang Ravi Murdianto telah kebobolan oleh Vermaelen yang memanfaatkan umpan silang David Babunski dari sisi kiri wilayah pertahanan Indonesia yang seharusnya dicover oleh Fatchu Rochman.

Setelah beberapa kali gawang Ravi selamat dari tekanan lawan, termasuk tendangan keras Alen Halilovic dari luar kotak penalti yang membentur mistar gawang, akhirnya pada menit ke-12 lahirlah gol kedua melalui Suarez yang melewati Hansamu Yama dengan memaksimalkan umpan terobosan Halilovic.

Tendangan Suarez tidak terlalu keras, tetapi mendatar menyilang ke sudut kiri bawah gawang Ravi, sempat membentur tiang dan masuk. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Barcelona B.

Pada menit ke-27 datanglah gol ketiga melalui Babunski yang menyelesaikan kerja sama satu-dua dengan Juan Camara. Tendangan mendatar terlalu cepat bagi Ravi untuk menepisnya. Skor 3-0.

Memasuki babak kedua, Barcelona B sedikit menurunkan tekanan. Meskipun demikian, pada menit ke-49 sontekan silang dari Suarez nyaris menjebol gawang Ravi, tetapi bola melintas saja di depan gawang dan jatuh di sisi luar tiang kiri gawang Timnas U-19.

Setelah intensitas serangan menurun selama 15 menit awal babak kedua, masuklah Maxi Rolon yang membawa bencana bagi Timnas U-19. Kehadirannya mendongkrak lagi nafsu mencetak gol skuat muda Barca.

Gol keempat pada menit ke-65 oleh gelandang serang Javier ‘Bicho’ Fernandez seharusnya tidak perlu terjadi. Pemain Timnas U-19 kehilangan bola di tengah lapangan karena salah umpan padahal tanpa tekanan dan langsung terjadi serangan balik cepat yang diselesaikan dengan bidikan keras Bicho.

Hanya 2 menit kemudian, Suarez mudah saja mengecoh Ichsan Kurniawan dan Hansamu Yama untuk kemudian melepas tendangan keras dari luar kotak penalti ke sudut kanan atas gawang Indonesia. Skor 5-0.

Pada menit ke-77 lahir gol keenam dari Maxi Rolon melalui titik penalti. Penalti terjadi karena tendangan keras Rolon diblok dengan tangan oleh Hansamu. Eksekusi penalti sempurna, skor 6-0.

Suarez bergabung sementara ke Barcelona sambil menjalani skorsing akibat menggigit bek Italia Giorgio Chiellini saat memperkuat Uruguay di Piala Dunia 2014. Vermaelen juga ditempatkan sementara di Barcelona B karena dalam proses pemulihan setelah cedera saat memperkuat Belgia di Piala Dunia 2014.

Bagi Timnas U-19, ini merupakan pertandingan uji coba ketiga dalam Tur Spanyol. Pada pertandingan pertama Timnas U-19 kalah 1-2 dari Atletico Madrid B dan pada laga kedua menahan seri 1-1 Valencia.