WartaSolo.com – Buah Alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat. Baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Buah alpukat paling enak jika dibuat jus ataupun sebagai bahan campuran es teler. buah alpukat (Apokat atau Persea Americana), buah yang dagingnya hijau lunak denganrasa yang lezat.

Avokad mengandung asam oleat, salah satu dari komponen penurun kolesterol. Sebuah penelitian mengatakan, setelah tujuha hari diet yang memasukkan alpukat, mereka mengalami penurunan koleterol total dan LDL secara signifikan, sementara kolesterol baik HDL naik 11 persen.



Selain itu, avokad juga mengandung potasium atau kalium, mineral pengatur tekanan darah. Kandungan potasioum pada Apokat lebih tinggi dari pisang. Asupan potasium dapat mlindungi tubuh dari penyakit pembuluh darah, darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Karotenoid
Setiap kali Anda mengkonsumsi makanan yang kaya karotenoid, tubuh Anda akan menerima banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi. Karotenoid dapat larut dalam lemak, sehingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi.

Sumber Vitamin B1
Kehadiran tiamin dalam alpukat membuatnya bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme lemak dan karbohidrat. Selain itu, buah ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf. Tiamin juga dapat meningkatkan kesehatan seksual pria dan menyembuhkan disfungsi ereksi.

Sumber Vitamin B2
Riboflavin yang hadir dalam alpukat dapat mendorong pembentukan sel darah merah dan membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Vitamin ini juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan organ seksual, serta membantu menyembuhkan disfungsi ereksi dengan meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.

Sumber Protein
Alpukat menyediakan semua 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Berbeda dengan protein dalam daging yang sulit untuk dicerna bagi kebanyakan orang, protein alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena ia juga mengandung serat. Jika Anda mencoba untuk mengurangi sumber protein hewani dalam diet, atau jika Anda seorang vegetarian dan ingin mencari lebih banyak protein, alpukat bisa menjadi pilihan nutrisi yang baik.

Kaya Nutrisi
Kandungan gizi yang tinggi dalam buah ini membuatnya menjadi obat alami untuk disfungsi ereksi. Ahli gizi percaya bahwa kehadiran beta-karoten, magnesium, vitamin E, dan kalium dalam alpukat dapat membantu meningkatkan hasrat seksual pria dan memerangi impotensi.

Sumber Lemak Baik
Alpukat menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda. Seperti minyak zaitun, alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol “baik”). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes. Sebuah studi yang di Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa diet vegetarian, yang mencakup lemak HDL, dapat mengurangi kadar LDL (“buruk” kolesterol).

Menurunkan kolesterol
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk memecah kolesterol.

Menangkal Radikal Bebas
Para peneliti mengatakan bahwa kandungan minyak alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

Menjaga Tekanan Darah
Khasiat buah alpukat dapat membantu menjaga tekanan darah, ini karena buah alpukat mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama dapat mencegah agar tidak terkena serangan darah tinggi.

Serangan darah tinggi pun menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke, penyakit yang membuat tubuh tidak dapat bergerak separuhnya. Tetapi dengan adanya kandungan potassium dalam buah alpukat, serangan darah tinggi, stroke ataupun penyakit penyumbat sirkulasi darah lainnya dapat diminimalisir.

Kejantanan Pria
Dalam bahasa Aztec, alpukat berarti testis. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa alpukat memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan kejantanan pria. Salah satu alasan mengapa buah ini dapat meningkatkan kejantanan pria adalah karena itu mengandung banyak nutrisi sehat. Alpukat mengandung banyak vitamin A, D, B, E, dan C.

Mengontrol gula darah
Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah.

Kesehatan Mata
Tinggalkan krim mahal dan beralih ke alpukat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Masker alpukat adalah ramuan paling mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dan diamkan selama 20 menit.

Kesehatan jantung
Kandungan lemak pada alpukat sering dianggap dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Padahal, lemak ini justru sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama dalam alpukat.

Mencegah kanker
Berdasarkan sebuah studi, ekstrak alpukat dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut. Tapi ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terjadap jenis kanker yang lainnya. Khasiat buah alpukat yang satu ini menurut beberapa peneliti dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C dan E serta Antioksidan.

Anti-inflamasi
Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kecantikan
Selain khasiatnya untuk kesehatan, buah alpukat juga berkhasiat untuk perawatan kecantikan, seperti wajah, rambut dan kulit.

Masker rambut
Rambut Anda terlihat kusam dan kering? Tenang, Anda bisa melembapkannya kembali dengan bantuan alpukat. Haluskan alpukat dan pakailah sebagai masker rambut. Diamkan sejenak dan bilas hingga bersih.

Masker wajah
Alpukat dapat memberi keajaiban bagi kulit Anda. Caranya dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah alami. Haluskan satu alpukat dan tambahkan 1 putih telur, 2 sdm oatmeal, serta 1 sdt air jeruk nipis. Sapukan masker ke seluruh bagian wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Menghaluskan Kulit
Buah alpukat juga mengandung cukup banyak vitamin E yang bermanfaat bagi kecantikan kulit. Caranya Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Nah, itu dia beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. SEmoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. perbanyaklah konsumsi buah yang kaya akan manfaat dan tentunya akan berdampak baik bagi tubuh kita.