WartaSolo.com – Blackberry Q5 merupakan smartphone blackberry ketiga yang mengusung sistem operasi terbaru ” BlackberryOS 10 ” setelah setelah sebelumnya Blackberry Q10 dan Blackberry Z10. Tak seperti kedua pendahulunya yang membidik pasar kelas atas. Blackberry Q5 ini akan menyasar kelas menengah ke bawah dengan harga yang lebih terjangkau. Smartphone yang memiliki desain keyboard Qwerty ini diperkirakan akan terjual laris manis dipasaran.

Harga BB Q5 ini pun tergolong tidak terlalu mahal.  Untuk akhir bulan September ini, seperti dikutip dari Lazada, Selasa (23/9/2014) Dibandrol dengan harga Rp.2.299 juta sedangkan untuk harga bekasnya masih dihargai sekitar Rp.1,6 jutaan.



Bblackberry Q5 mencoba memasuki pasar yang didominasi android dilevel harga ini. Dari segi spesifikasi, BB Q5 telah dilengkapi dengan processor cepat Qualcom Snapdragon S4 dualcore 1.2GHz, layar IPS – LCD 3.1 inch, Kamera 5Mp dan Keyboard QWERTY khas blackberry.

Blackberry Q5 menggunakan layar sentuh kapasitif tipe TFT yang beresolusi 720 x 720 piksel dengan luas layar 3.1 inchi. Layarnya memang tidak terlalu besar, karena terdapat tombol keyboard yang disematkan dibagian bawah layar, sehingga luas layar tidak dapat dimaksimalkan. Fitur BBM pada Blackberry Q5 akan memiliki layanan video BBM dan juga screen share yang dapat digunakan untuk berbagi layar secara virtual kepada sesama pengguna BBM. Dan ini merupakan salah satu keunggulan dari smartphone ini.

Blackberry Q5  dibekali dengan kamera utama 5MP dan didukung dengan kamera tambahan 2MP yang memiliki fitur timer Shift, sehingga dapat memilih untuk mengundurkan dan memajukan waktu dari beberapa mili detik frame. Selain itu juga terdapat aplikasi Story Maker untuk edit foto yang hanya terdapat dalam belacberry 10 saja.