WartaSolo.companselnas.menpan.go.id: pendaftar CPNS 2014 online telah mencapai dua juta pelamar hingga saat ini. Data tersebut diperoleh berdasarkan rekapan website nasional Panselnas tersebut. Ini jumlah yang tinggi mengingat masih banyak instansi yang belum membuka lowongan CPNS 2014 online di situs nasional tersebut.

Menurut keterangan Herman Suryatman selaku Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), bahwa jumlah dua juta tersebut adalah berasal dari jumlah pelamar yang telah mendaftar serta sudah ternotifikasi pada website nasional Panselnas. Namun, dapat dipastikan jumlah tersebut semakin bertambah disebabkan semakin banyaknya instansi daerah yang akan menyusul untuk membuka pendaftaran CPNS 2014 secara online.


“Yang membuka lowongan mencapai 326 instansi pusat dan daerah yang menggelar pendaftaran. Sedangkan data pelamar yang mendaftar dan sudah ternotifikasi sampai hari Rabu (17/9/2014) malam telah tembus angka 1.914.214,” papar Herman di Jakarta, sebagaimana dikutip dari situs JPPNN, Kamis (18/9/2014).

Menurut Herman bahwa melihat banyaknya pelamar yang sukses mendaftar dan ternotifikasi, hal ini membuktikan bahwa sistem pendaftaran CPNS 2014 online ini sebenarnya normal-normal saja. Namun, apabila ternyata masih ada pelamar yang gagal mendaftar disebabkan masalah NIK, maka hal tersebut di luar perkiraan Panselnas.

“Keluhan masyarakan akan selalu segera di-followup panselnas. Kepada pendaftar kami minta untuk lebih sabar sebab semua aduan yang kami terima harus diverifikasi lagi dan dicarikan jalan keluar oleh panselnas,” pungkasnya.