WartaSolo.com – Pecel Lele Lela, salah satu warung makan yang menyajikan hidangan 100% Indonesia mendapat protes dari Kedai kopi dunia asal Amerika Serikat, Starbucks Coffee Company. Usaha yang didirikan sejak tahun 2006 mendapat surat keberatan dari yang menyatakan agar mengganti logo Pecel Lele Lela, yang mirip dengan Starbuck.

Starbucks Coffee Company, mengaku keberatan dengan logo Pecel Lele Lela, yang dimiliki pengusaha muda Rangga Umara. Surat keberatan telah dilayangkan pada akhir Desember 2011. Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Lenny Huang, dari kantor hukum Suryomurcito and Co, menegaskan, sejak 2012 pihaknya sudah bersepakat dengan Pecel Lele Lela, untuk melakukan pergantian logo.



Secara bertahap, Rangga mulai mengganti logo Pecel Lele Lela, yang mirip dengan Starbuck. Tetapi, karena banyaknya waralaba yang dimiliki, sehingga pergantian logo berlangsung hampir 2 tahun. Lenny menegaskan Starbucks tidak meminta pergantian materi pada Pecel Lele Lela. Hal ini karena keduanya sudah saling memahami dan ada itikad baik dari pemilik waralaba Pecel Lele Lela.

Dia menegaskan ada beberapa kendala dalam pergantian logo. Terutama pada cabang-cabang yang keberatan dengan harga logo baru yang harus dibeli mereka.

Logo Starbucks berciri khas gambar putri duyung dengan tampilan close-up dan pusarnya tidak terlihat dengan warna hijau dalam lingkaran. Sedangkan logo lama Pecel Lele Lela, adalah juga warna hijau dalam lingkaran yang di dalamnya terdapat gambar lele yang disajikan dalam piring.