WartaSolo.comMenPAN-RB: masyarakat terdorong membuat e-KTP imbas dari pendaftaran CPNS 2014 online. Pernyataan ini disampaikan oleh Azwar Abubakar selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Azwar Abubakar menyampaikan bahwa dengan adanya sistem pendaftaran CPNS 2014 secara online ini ternyata dapat mendorong kebanyakan masyarakat untuk ramai-ramai mengajukan pembuatan e-KTP. Padahal sebelumnya ada beberapa dalam masyarakat Indonesia masih terdapat warga yang merasa enggan untuk memiliki e-KTP. Namun, setelah adanya sistem pendaftaran CPNS 2014 online ini keadaan menjadi agak berbeda karena sebagian dari mereka mulai menjadi tertarik untuk mempunyai e-KTP.


Akan tetapi, yang membuat masyarakat terdorong untuk membuat e-KTP tersebut adalah hanya sebagai upaya dalam memenuhi salah satu syarat agar dapat mendaftar CPNS 2014 secara online.

“Ternyata sistem pendaftaran CPNS 2014 online ini dapat menghasilkan multiplier effect. Dengan adanya masyarakat yang memiliki NIK maka program pemerintah juga dapat terbantu,” jelas Azwar di kantornya sebagaimana dilansir laman JPNN, Rabu (17/9/2014).


JANGAN LUPA, pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan MA.

Namun jika saat ini ternyata masih ada yang belum dapat mendaftar disebabkan NIK-nya yang invalid, maka hal tersebut di luar wewenang Panselnas. Karena, Panselnas bukanlah pembuat daftar NIK tapi dalam pelaksanaannya hanya merujuk data pada adminduk.

“Saya tak dapat berkomentar banyak untuk kendala NIK ini sebab kami tak paham benar tentang duduk persoalannya. Namun yang jelas Panselnas tidak punya wewenang mengelola NIK. NIK hanya kami pakai dalam salah satu syarat agar pelamar bisa register dengan perkiraan kami bahwa setiap pelamar hanya punya satu NIK,” pungkasnya.