WartaSolo.com panselnas.menpan.go.id: akun pelamar dengan NIK palsu akan diblokir. Hal ini berkaitan dengan adanya pelamar yang menggunakan NIK orang lain. Padahal orang yang bersangkutan sendiri tidak merasa melakukan registrasi pada portal nasional panselnas.

Berdasarkan keterangan Hayu selaku anggota Panselnas, apabila memang NIK tersebut telah digunakan oleh pelamar yang lain, resikonya akun pelamar yang masuk dalam data base akan diblokir. Jadi pemilik NIK yang asli tidak perlu cemas dengan masalah ini.


“Tidak sedikit para pelamar yang mengeluh bahwa NIK-nya telah digunakan oleh pelamar lain. Sehingga mereka tidak dapat melakukan pendaftaran. Terjadi banyak pengaduannya, dan sebagian besar telah kami verifikasi,” papar Hayu di Posko Layanan Informasi Seleksi CPNS, seperti lansiran laman JPNN, Selasa (16/9/2014).

Setelah Panselnas melakukan verifikasi, memang ditemukan ada beberapa NIK yang sudah dipakai oleh pelamar lain. Ada lagi yang ternyata sudah mendaftar ke sebuah instansi namun ingin pindah. Bahkan, juga ada NIK yang datanya berbeda alias bukan pemilik akun sah.

“Pada masalah yang apabila NIK-nya dipakai oleh pelamar lain ataupun tidak sesuai data adminduk, maka akun pelamar tersebut akan kita tutup. Selanjutnya pelamarnya dapat melakukan pendaftaran kembali,” jelasnya.

Hayu menghimbau supaya pelamar selalu berhati-hati pada saat pengisian data. Karena, kesalahan pada satu huruf atau satu angka saja dapat berakibat fatal, yakni pelamar tersebut tidak akan dapat melanjutkan ke langkah pendaftaran selanjutnya.