WartaSolo.com – Facebook (FB) selalu mengembangkan fitur-fitur baru agar bisa digunakan dan memudahkan pengguna untuk berselancar di sosial media terpopuler di dunia ini. Baru-baru ini Facebook sedang menguji coba fitur baru yang digunakan untuk menghapus status di FB secara otomatis.

Dikutip dari Suara, selama akhir pekan kemarin sejumlah pengguna Facebook di telepon seluler pintar dan komputer tablet berbasis iOS melaporkan ada sebuah fitur yang untuk menghapus postingan secara otomatis.



Cara kerja fitur ini sangat sederhana yaitu saat akan mengunggah status Facebook akan memberikan pilihan, apakah pengguna ingin status itu otomatis dihapus setelah satu jam, tiga jam, enam jam, 12 jam, 24 jam, dua hari, atau tujuh hari setelah diposting.

Pengguna cukup mencentang salah satu pilihan dan statusnya akan hilang dari halaman profil sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Adapun juru bicara Facebook, yang dihubungi oleh The Next Web, tidak menyangkal eksperimen tersebut.

“Kami memang sedang menjalankan proyek kecil tentang fitur di Facebook berbasis iOS yang bisa digunakan pengguna untuk menghapus postingan mereka secara terjadwal,” kata sang juru bicara.

Meski demikian, perlu diingatkan bahwa postingan yang dihapus dari Facebook masih bisa diakses di server-server Facebook. Butuh waktu 90 hari sebelum postingan-postingan itu hilang dari pusat data Facebook.

Facebook sendiri sebelumnya sudah meluncurkan Slingshot, aplikasi khusus yang pesan-pesan di dalamnya akan hilang setelah diunggah. Aplikasi itu mirip dengan aplikasi lawas bernama Snapchat, yang populer di Amerika Serikat.