WartaSolo.com – Perusahaan raksasa Google meluncurkan smartphone Android untuk kalangan low end. Android One, merupakan smartphone besutan Google yang sempat diumumkan pada acara Google I/O beberapa waktu yang lalu kini meluncur di India. Dikabarkan Indonesia segera menikmati ponsel ini.

Dilihat dari spesifikasi, Android One memiliki bentang layar 4,5 inci yang dibekali oleh prosesor MediaTek quad-core 1,3 GHz. Ukuran RAM-nya sebesar 1GB. Ponsel ini dibekali kamera belakang 5MP dan kamera belakang 2MP. Selain itu, fitur unggulannya adalah dual SIM, microSD dan FM Radio tersemat pada Android One.


Android One menggunakan sistem operasi Android terbaru yaitu Android L. Google memilih India sebagai tempat peluncuran pertama karena negara ini merupakan pasar terbesar kedua Android secara global setelah China. Indonesia bakal menjadi yang kedua atas peluncuran Android One ini.

Android One akan segera menyambangi negara-negara lain seperti Indonesia, Filipina, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, dan Nepal. Google menyebutkan manufaktur besar seperti HTC, Asus, Acer, Panasonic, dan Lenovo bakal mengikuti proyek semacam Android One. Mitra yang bakal digandeng adalah produsen chip prosesor Qualcomm.

Untuk masalah harga, satu unit Android One dibanderol US$ 105 atau Rp 1,2 juta. “Pengguna di India dapat menyaksikan YouTube berulang-ulang tanpa dikenai tambahan tarif data,” tulis The Verge, Senin, 15 September 2014. Tunggu peluncurannya di Indonesia dalam waktu dekat ini!