WartaSolo.companselnas.menpan.go.id: Tidak Ada Pelamar di Lima Formasi CPNS 2014 Online Ini. Padahal Panitia Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (Pansel CPNS) Bulungan telah membuka lowongannya pada website nasional panselnas.menpan.go.id. Akhirnya, sampai dengan Pansel CPNS Bulungan yang secara resmi telah menutup penerimaan berkas fisik pelamar pada hari Sabtu (13/9/2014) pukul 11.00 Wita, formasi CPNS tersebut tetap kosong.

Sungguh sayang sekali, ada sekitar 5 formasi yang tak terisi oleh pelamar. Sedangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan telah berjuang dengan keras agar bisa mendapatkan total kuota 129 formasi. Bahkan ketika mengajukan usulan formasi tersebut Pemkab Bulungan telah berkali-kali melakukan perubahan serta telah bersusah payah dalam menyusun kelengkapan persyaratan yang diminta oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), seperti Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Tujuannya supaya 5 formasi itu tidak ditolak BKN.



Kemudian, sebagai tindak lanjut dari masalah ini BKD Bulungan secepatnya akan berkoordinasi dengan pusat dan berharap agar dapat menggeser formasi yang kosong tersebut.

“Kita masih berkoordinasi dengan KemenPAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) lebih dulu dalam waktu dekat ini,” ujar Kepala BKD Bulungan Indriyati.

Disamping masalah formasi yang kosong, berdasarkan data yang didapat dari Pansel CPNS Bulungan, terdapat sebuah formasi yang terisi hanya oleh satu pelamar saja. Ada sekitar 3 formasi yang hanya diisi oleh satu pelamar, yaitu formasi Analisis Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur, Penyuluh Kehutanan dan Sanitarian. Perhitungannya, pelamar yang mengisi formasi tersebut besar kemungkinannya untuk dapat lolos seleksi CPNS 2014. Karena dia tidak mempunyai pesaing dalam mendapatkan formasi itu.

Data yang diperoleh dari hasil seleksi berkas fisik pelamar CPNS 2014 yang jumlah totalnya sekitar 1.610 berkas, didapati ada 5 formasi tanpa adanya pelamar. 5 formasi itu antara lain:

  • Guru Komputer Strata 1 (S1) Ilmu Komputer
  • Penyuluh Pertanian S1 Peternakan
  • Arsiparis S1 Kearsipan
  • dan 2 formasi Pranata Laporan Keuangan Diploma III (DIII) Akutansi.