WartaSolo.companselnas.menpan.go.id: data pelamar CPNS 2014 online tidak bisa diubah. Hal ini berlaku kepada seluruh pelamar yang telah mendaftar secara online di website resmi panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id. Meskipun banyak keluhan dan permasalahan dari pelamar CPNS 2014, panselnas tetap menegaskan keputusannya tersebut.

Sedangkan pada pihak pelamar CPNS 2014 masih banyak permintaan untuk mengedit data-data mereka. Kebanyakan yang ingin diubah adalah data tentang nama ataupun tempat tanggal lahir serta masih banyak yang lainnya. Akan tetapi Panselnas tetap bersikukuh dan tak akan mungkin dapat mengabulkan semua permintaan pelamar tersebut.


Seperti dikutip dari laman JPNN, Senin (15/9/2014) Panselnas juga mempunyai alasan sendiri, yakni bahwa seluruh informasi yang telah masuk melalui portal nasional Panselnas telah berada dalam data base Pansenlas dan tak mungkin dapat di edit-edit lagi.

“Masyarakat haruslah mengerti bahwa tidak dapat pindah instansi. Tidak mungkin dapat mengutak-atik data identitas pelamar lagi. Sebab data yang telah masuk pertama kali itulah yang akan masuk kedalam data base,” tandas Hayu selaku Staf IT Panselnas ketika menanggapi aduan pelamar CPNS 2014 di Posko Layanan Informasi Seleksi CPNS, Senin (15/9/2014).

Supaya pelamar terhindar dari kesalahan, seharusnya bersabar dahulu untuk membaca tiap-tiap alur pendaftaran CPNS 2014 online di halaman depan website panselnas.menpan.go.id. Selanjutnya baca juga aturan pada setiap instansi, baik itu tentang rincian formasinya ataupun persyaratan khususnya. Para pelamar harus sangat jeli dan teliti dalam proses tersebut, karena kesalahan itu bisa saja terjadi.

“Kemudian apabila telah mantap dengan keinginannya, setelah itu barulah melakukan proses registrasi. Dan yang perlu diperhatikan adalah harus memastikan apakah jaringannya sedang bagus atau tidak. Seandainya jaringan telah bagus barulah mendaftar, jika belum bagus jaringannya sebaiknya pendaftaran ditunda dulu. Karena, jaringan yang bermasalah dapat menyebabkan pelamar tidak berhasil teregister disebabkan datanya telah masuk dalam sistem panselnas,” pungkasnya.