WartaSolo.com – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 sudah mulai dibuka. Kabupaten Sleman menjadi salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mendapat jatah alokasi Formasi CPNS tahun anggaran 2014. Namun tidak terdapat banyak formasi yang dibuka di Kabupaten ini. lowongan CPNS tahun 2014 Kabupaten Sleman hanya membuka lowongan untuk formasi jabatan Guru kelas pertama dan juga penyuluh keluarga berencana pertama.

Tes seleksi CPNS tahun 2014 akan serentak menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test. Diharapkan tes seleksi cpns akan terselenggara dengan transparan dan lebih efektif. Karena peserta ujian dapat melihat hasil tes usai ujian. Dibawah ini persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar CPNS di kabupaten Sleman dan formasi apa saja yang dibutuhkan



I. PERSYARATAN UMUM  
1. Warga Negara Republik Indonesia dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
2. Berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun dihitung sampai dengan 1 September 2014.
3. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian dan ketrampilan yang diperlukan.
4. Tidak berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil/Calon Pegawai Negeri Sipil maupun anggota TNI/POLRI.
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena suatu tindak pidana kejahatan.
6. Tidak pernah terlibat dalam suatu kegiatan/gerakan yang menentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah Republik Indonesia.
7. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
8. Tidak pernah memakai dan atau mengedarkan narkotika dan obat-obatan terlarang.
9. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia.
10. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter pemerintah yang diterbitkan oleh Lembaga Pemerintah (dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS).
11. Berkelakuan baik dibuktikan dengan SKCK dari Kepolisian Resort (Polres) setempat (dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS).
12. Terdaftar pada Kantor/Dinas Tenaga Kerja setempat, dibuktikan dengan Kartu Pencari Kerja/AK I (dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS).
II. PERSYARATAN KHUSUS
1. Memiliki ijazah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang program studinya sekurang-kurangnya terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada saat tanggal kelulusan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (dalam skala 4). Apabila akreditasi belum tercantum dalam Ijazah, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi yang bersangkutan, atau foto copy surat keputusan yang dikeluarkan oleh BAN PT sesuai tanggal ijazah dikeluarkan. Sedangkan ijazah yang diperoleh dari Perguruan Tinggi swasta sebelum berlakunya akreditasi BAN PT, program studinya berstatus disamakan atau diakui.
2. Bersedia untuk tidak mengajukan permohonan pindah instansi dari Pemerintah Kabupaten Sleman, sebelum memiliki masa kerja aktif sekurang-kurangnya 8 (delapan) tahun sejak diangkat sebagai CPNS, dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang dibubuhi materai Rp. 6.000,-. (dilampirkan setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS).

Formasi CPNS Pemkab Sleman 2014 bisa dilihat DISINI

Pendaftaran dilakukan secara online di panselnas.menpan.go.id. Pendaftaran cpns tidak dipungut biaya apapun. Jangan pernah percaya terhadap siapapun yang dapat memasukkan anda menjadi cpns dengan membayar sejumlah uang karena ini adalah tindak penipuan. Bagi pelamar yang terbukti memberikan keterangan atau dokumen PALSU atau yang tidak memenuhi persyaratan, yang baru diketahui dikemudian hari dinyatakan tidak lulus atau gugur secara otomatis.