WartaSolo.com – Pameran IFA 2014 sedang berlangsung di Jerman, dalam ajang ini Sony memperkenalkan smartphone terbarunya yakni Sony Xperia E3. Ponsel terbaru Sony ini terlihat seperti versi mini dari Xperia Z3 yang sekarang ini menjadi smartphone andalan Sony.

Meskipun Sony Xperia E3 membawa desain yang mirip dengan Xperia Z3, termasuk sudut-sudut melingkar dan varian warna-warninya, namun dari segi kualitas dan hardware, tentu Xperia E3 kalah jauh ketimbang Xperia Z3. Xperia E3 hanya dibekali prosesor Snapdragon 400 dengan kecepatan clocking 1,2 GHz, sementara Xperia Z3 sudah dipacu oleh prosesor Snapdragon 801 terbaru dari Qualcomm.


Selain itu, layar dari smartphone ini hanya berukuran 4,5 inci (FWVGA). Padahal, menurut rumor Xperia E3 akan akan hadir dengan layar HD 4,8 inci. Berbekal spesifikasi yang cukup terbatas, tak salah bila akhirnya publik berharap smartphone ini akan dibanderol murah oleh Sony.

Besar kemungkinan harga Sony E3 dibanderol pada kisaran Rp 1,5-2 jutaan saja. Menurut Sony, penjualan dari Xperia E3 baru dimulai di akhir tahun ini. Demikian seperti dikutip Warta Solo dari Pocket Now, Rabu (03/09/2014).

Keunggulan dari Sony E3 ini adalah kapasitas baterai yang sudah mencapai 2330 mAh. Saat ini cukup sulit mencari smartphone kelas low-entry dengan kapasitas baterai di atas 2000 mAh. Xperia E3 juga sudah mengakomodasi dua kartu SIM alias Dual-SIM. Di bagian depan smartphone ini juga sudah terdapat sebuah kamera selfie VGA.