WartaSolo.com – Ada yang berbeda dari pendaftaran CPNS di tahun 2014 ini. Pendaftaran CPNS tahun 2014 dilakukan secara online dengan sistem single entry yang terpusat di situs panselnas.menpan.go.id. Dalam pendaftraan secara online, pelamar hanya perlu memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Sehingga untuk mendaftar CPNS 2014 diwajibkan memiliki e-KTP.

Merujuk surat edaran Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), disebutkan bila pendaftaran CPNS 2014 wajib menggunakan E-KTP. Surat edaran tersebut meminta masing-masing daerah untuk siapkan surat keterangan perekaman KTP elektronik atau E-KTP. Di Yogyakarta, Deddy Feriza, Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta mengamini hal tersebut.


Jika ada pelamar yang belum miliki itu pihaknya siap membantu. Bagi mereka yang sudah merekam namun belum menerima E-KTP fisik, Dindukcapil Kota Yogyakarta siap berikan keterangannya. Apabila ada yang belum merekam pun mereka siap memfasilitasi.

Di Kota Yogyakarta sendiri, berdasar data per bulan Juli 2014, tercatat 304.637 warga wajib KTP. Dari jumlah tersebut 97% diantaranya yang telah lakukan perekaman dan hanya 3% atau sekitar 9.000 warga yang belum merekam yang keberadaannya tidak diketahui.

Pendafatran CPNS di tahun ini tidak seperti tahun sebelumnya yang berpencar berdasarkan instansi masing – masing. Tahun ini pendaftaran terpusat di panselnas dengan menggunakan sistem single entry. Pelamar yang sudah mendaftar di satu instansi sudah tidak dapat emlamar di instansi yang lain. Karena sistem tidak dapat menerima double entry NIK dalam e-KTP.