WartaSolo.com – Simulasi Ujian CAT CPNS 2014 akan segera digelar. Calon pelamar dihimbau untuk mengikuti kegiatan ini, terutama bagi mereka yang belum terbiasa dengan penggunaan komputer dalam kesehariaanya.

Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah agar kualitas seleksi calon aparatur sipil negara dapat meningkat terutama untuk CPNS 2014. Kegiatan ini akan laksanakan oleh pemerintah yang akan disertai dengan sosialisasi dan simulasi sistem Computer Assisted Test (CAT) hingga mendekati pelaksanaan tes yang sesungguhnya nanti.



Berdasarkan lansiran situs JPNN, Rabu (27/8/2014) bahwa setelah melaksanakan sosialisasi di delapan kota besar, pemerintah akan menggelar kegiatan tersebut di mal Casablanca Jakarta, Sabtu (30/8/2014).

Di mal tersebut nantinya juga diadakan talk show, yang menghadirkan pembicara WamenPAN-RB Eko Prasojo, SesmenPAN-RB Tasdik Kinanto, Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmadja, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Soetrisno.

Suwardi selaku Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyampaikan, pada simulasi itu panitia sudah menyediakan sejumlah 200 unit laptop, tujuannya agar bisa mencukupi jika peserta yang hadir lebih banyak. Karena berdasarkan pengalaman simulasi sebelumnya, panitia hanya menyediakan 50 unit laptop, sehingga hanya dapat mencukupi untuk 1.500 peserta saja.

Suwardi mengatakan, “Simulasi CAT ini menjadi puncak dari road show yang sudah kami laksanakan di delapan kota. Panitia akan menyediakan 200 unit laptop, agar dapat mencukupi minimal 5000 pengunjung.”

Disamping mencoba simulasi CAT secara offline masyarakat juga dapat mencoba simulasi CAT secara online, di situs KemenPAN-RB, BKN serta situs partner lainnya yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Segalanya kami upayakan demi suksesnya pelaksanaan tes CPNS 2014 dengan sistem CAT secara nasional tahun ini, agar kepercayaan publik dapat meningkatkan bahwa seleksi CPNS 2014 online terbebas dari praktik KKN,” tandasnya.