WartaSolo – Sebelum pelamar melakukan tes CAT maka disarankan untuk melakukan simulasi CAT CPNS supaya pada saat melakuan tes CAT tidak akan mengalami kesulitan mengenai tata caranya. Dalam hal ini pemerintah berupaya melakukan sosialisasi dan simulasi sistem Computer Assisted Test (CAT) hingga menjelang pelaksanaan tes.

Setelah melakukan road show di delapan kota besar, kegiatan serupa kembali akan digelar di mal Casablanca Jakarta, pada Sabtu (30/8/2014). Panitia menyediakan 200 unit laptop sebagai fasilitasi simulasi CAT tersebut.


INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.


Suwardi selaku Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan, dengan disediakannya 200 unit laptop, diharapkan bisa mengcover peserta lebih banyak. Dalam simulasi sebelumnya, panitia menyiapkan sekitar 50 unit laptop, sehingga hanya bisa mengcover sekitar 1.500 pengunjung.

“Simualsi CAT ini akan menjadi puncak dari road show yang telah kami lakukan di delapan kota. Panitia akan menyiapkan dua ratus unit laptop, sehingga bisa mengcover minimal lima ribu pengunjung,” ujar Suwardi di kantornya, Rabu (27/8).

Selain simulasi CAT, lanjutnya, di tempat yang sama juga akan diselenggarakan talk show, dengan pembicara WamenPAN-RB Eko Prasojo, SesmenPAN-RB Tasdik Kinanto, Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmadja, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Soetrisno.

Selain simulasi CAT secara offline, sejak 20 Agustus 2014, masyarakat juga bisa melakukan simulasi CAT secara online, di website KemenPAN-RB, BKN, dan media partner. “Semua itu kami lakukan agar pelaksanaan tes CPNS dengan sisem CAT secara nasional tahun ini bisa sukses, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan public bahwa seleksi CPNS bebas dari KKN,” pungkasnya.