WartaSolo.com – Penerimaan CPNS 2014 tidak hanya merekrut masyarakat yang memiliki kondisi normal, namun para penyandang disabilitas atau cacat mendapatkan formasi untuk ikut melakukan pendaftaran CPNS dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) nantinya.

Salim Segaf Al Jufri selaku Menteri Sosial menyampaikan, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) telah memasukkan hal tersebut dalam rancangan penerimaan PNS mendatang.



Beliau menegaskan, Kemensos dalam tugas dan fungsinya para penyandang cacat dibina, direhabilitasi, dikembangkan potensinya sesuai kapasitas yang dimiliki penyandang disabilitas, tentu menyambut baik dan langsung mempersiapkan.

“Alhamdulilah, pengharapan para penyandang cacat terkabulkan. Kami pun merasa senang hasil didik yang telah Kemensos lakukan akan termanfaatkan,” kata Salim melalui keterangannya, Rabu (27/8/2014).

Saat ini, sebutnya, ada 8 juta penyandang disabilitas dari berbagai tingkatan pendidikan. Pola rehabilitasi yang dilakukan adalah pembinaan di panti dan luar panti. Setiap tahun, panti panti milik Kementerian Sosial mendidik 100 penyandang disabilitas. Mereka diberikan latihan keterampilan bidang elektronik, IT, hingga mebel.

Kemensos juga sudah menempatkan lebih dari seribu penyandang cacat di berbagai perusahaan yang terikat atas undang undang tentang penyandang cacat. “Saya pernah datang ke salah satu perusahaan peralatan kedokteran, dan para penyandang cacat bekerja dengan hasil yang baik,” ujarnya.

Tahun ini merupakan peluang besar bagi Penyandang Disabilitas karena Kemensos siap menerima 100 penyandang disabilitas yang akan ditempatkan di 82 satuan kerja. Tentunya setelah mengikuti seleksi yang telah distandarkan oleh pemerintah, baik Kemenpan maupun Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kita harus bangga dan apresiasi bahwa penyandang cacat punya kemampuan dan keterampilan. Ini adalah fakta,” tegasnya.