WartaSolo.com – Sebelum melakukan pendaftaran CPNS online di panselnas.menpan.go.id peserta diwajibkan untuk mengisi formulir pendaftaran melalui regpanselnas.menpan.go.id. Namun peserta sebaiknya memantapkan pilihan formasi yang akan dipilih melalui situs formasi2.menpan.go.id.

Bagaimana tata cara pendaftaran online di regpanselnas? Jika peserta sudah mengetahui dan paham formasi mana yang dipilih maka peserta melanjutkan proses pendaftaran melalui laman resmi regpanselnas.menpan.go.id dengan memasukkan beberapa formulir sebagai berikut :


  1. NIK : Isi NIK dengan nomor NIK yang ada di KTP atau Kartu Keluarga. NIK berupa angka dan minimal 16 digit.
  2. Nama Lengkap : Isi Nama lengkap Anda
  3. Email : Isi dengan alamat email dengan format e-mail yang valid
  4. Tempat Lahir : Isi dengan Tempat lahir anda seperti yang di KTP
  5. Tanggal Lahir : Isi dengan tanggal lahir (silakan klik menu tanggal sesuai dengan tanggal lahir Anda atau kalau mau ditulis gunakan format YYYY-MM-DD (1987-12-10)
  6. Instansi : Isi dengan memilih salah satu instansi yang sudah tersedia. (Jika instansi yang Anda inginkan belum ada berarti belum buka, jika belum buka sebaiknya urungkan dulu untuk daftar jangan mencoba-coba memilih instansi lain karena nanti tidak bisa diubah).
  7. Password : Isi dengan Password (Password sembarang yang penting Anda ingat jika nanti digunakan untuk pendaftaran berikutnya)
  8. Confirm Password : Isi kembali dengan Password yang sebelumnya Anda ketik.
  9. Input Kode Sekuriti : Isi dengan mengetikan kode sekuriti yang ada di bagian atas. Hal ini untuk meyakinkan bahwa yang mendaftar adalah manusia bukan robot.
  10. Periksa kembali semua isian yang sudah Anda masukkan, Pendaftaran hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali. Anda tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan instansi yang telah anda pilih. Jika sudah yakin baru klik tombol KIRIM.

Jika langkah-langkah di atas selesai  dan anda sukses registrasi, nantinya akan ada tulisan seperti ini “Selamat Anda sudah terdaftar, silakan cek email Anda untuk informasi selanjutnya”. Setelah mendapatkan email anda sudah bisa langsung melanjutkan pendaftaran CPNS online melalui panselnas.menpan.go.id.