WartaSolo.com – Saat ini beberapa daerah di tanah air sedang mengalami kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Kelangkaan BBM ini terjadi akibat dari pemerintah yang tidak mampu mencukupi kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

Terkait hal ini Jokowi sebagai presiden terpilih saat ditanya mengenai penyebab kenapa BBM langka dirinya mengaku tidak tahu, “Soal BBM langka, jangan tanya saya dong. Nanti habis 20 Oktober baru tanya ke saya,” kata Jokowi di rumah transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin malam 25 Agustus 2014.



Jokowi juga mengatakan bahwa kelangkaan BBM yang terjadi saat ini adalah tanggung jawab dari pemerintahan yang berkuasa sekarang. Sebagai presiden terpilih Jokowi belum bisa memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. “Ya tanya pemerintahan sekarang, kok tanya saya, gimana sih,” kilahnya.

Sebagai capres yang terpilih Jokowi mengaku telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengatasi kelangkaan BBM pada saat dirinya memimpin pemerintahan. “Ya kita mempersiapkan tapi tidak mungkin saya sampaikan sekarang. Silahkan tanya ke pemerintah sekarang, jangan tanyakan ke saya dong,” jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi akan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu, 27 Agustus 2014, di Bali. Salah satu isu yang akan dibahas adalah masalah pengurangan subsidi BBM dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015.