WartaSolo.com – Pendaftaran CPNS 2014 telah dibuka sejak tanggal 20 Agustus 2014 kemarin. Bagi yang sudah berhasil mendaftar maka harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes kompetisi dasar. Setidaknya ada sebanyak 100 soal tes kompetensi dasar (TKD) yang harus dikerjakan oleh peserta tes CPNS dalam seleksi CPNS September mendatang.

100 soal tes CPNS 2014 tersebut harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Jika dihitung maka berarti peserta tes CPNS hanya punya waktu sekitar 54 detik untuk menjawab satu soal. Untuk menyiasati hal tersebut peserta dihimbau untuk mengerjakan soal-soal yang dianggap mudah terlebih dulu.


Dengan demikian waktu tidak tersita untuk soal yang dianggap sulit. Demikian seperti saran dari Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. “Harus pintar memanage waktu, yang soal mudah dulu dikerjakan. Jadi sisa waktu yang ada dapat digunakan untuk mengerjakan soal lainnya,” ujarnya di Jakarta, Jumat (22/8/2014).


INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan MA

Dalam pelaksanaan tes sistem computer assisted test (CAT), soal yang sudah dikerjakan akan berubah warna dari merah menjadi hijau pada bagian bawah sehingga peserta tahu mana nomor soal yang belum dikerjakan. Sementara di luar ruangan peserta, terdapat layar untuk melihat total nilai hasil tes yang dikerjakan peserta di dalam.

“Nah peserta yang sedang ujian tidak dapat mengetahui skornya sebelum menyelesaikan ujian. Inilah yang menjamin transparansi dalam tes,” terangnya.

Dalam pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT, peserta tidak diperkenankan membawa alat komunikasi. Peserta yang telah selesai mengikuti tes, dapat mencatat nilai yang langsung muncul di kertas coretan yang telah disediakan panitia.