WartaSolo.com – Selain melalui CPNS 2014 jalur umum atau biasa, ternyata tahun 2014 ini pemerintah juga membuka 1.865 kursi CPNS yang disediakan bagi pelamar dengan jalur khusus.

Dilansir Kompas, Rabu (20/8/2014), Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Setiawan Wangsaatmadja menegaskan bahwa kuota jalur khusus sudah termasuk dalam 100.000 kursi total kuota yang disediakan pemerintah pada penerimaan tahun ini. Kategori alokasi khusus ialah putra putri berprestasi dan kita sudah rembukan dengan forum rektor dan Kemendikbud.



“Ada beberapa syarat yang harus dimiliki peserta untuk dapat melamar menjadi CPNS melalui jalur khusus tersebut,” ujar Setiawan.

Syarat pertama, pelamar harus berasal dari sekolah atau universitas yang akreditasinya A dan harus cumlaude.

Baca juga:
Formasi CPNS BNP2TKI 2014
Pendaftaran CPNS BNP2TKI 2014 Online

Kedua, pelamar adalah putra putri dari Papua dengan kuota sekitar 165 orang. Sementara itu, untuk persyaratan ketiga, jalur ini diperuntukkan kepada atlet-atlet yang berprestasi.

Keempat jalur ini pun diperuntukkan bagi para sarjana yang mengajar di SM3T, yaitu program mengajar di daerah terpencil, terdalam, dan terluar yang dibuat oleh pemerintah.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka pendaftaran secara online seleksi CPNS 2014 melalui portal nasional Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mulai hari Rabu, 20 Agustus 2014 di situs panselnas.menpan.go.id.

Para pelamar yang berminat mendaftar CPNS 2014 melalui jalur khusus, bisa mengunjungi situs http://sscn.bkn.go.id dan https://panselnas.menpan.go.id/ untuk melakukan pendaftaran secara online serta mendapatkan informasi lainnya terkait CPNS jalur khusus.